Recent comments

  • Breaking News

    Musrenbang Tingkat Kecamatan Bika Digelar, Diharapkan Mampu Bawa Perubahan

    Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan RKPD Tahun Anggaran 2024 tingkat Kecamatan Bika Tahun 2023.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2024, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan RKPD Tahun Anggaran 2024 tingkat Kecamatan Bika Tahun 2023 digelar, bertempat di gedung serbaguna Kecamatan Bika, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (22/02/2023).

    Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas Hulu, anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu Antonius Manyu, Camat Bika, perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,  Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman serta Dinas Perumahan Rakyat, Pertanahan dan Lingkungan Hidup.

    Hadir pula seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Bika, anggota Polsek Bika, Babinsa Koramil 1206-12/Kalis. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Bika, Kepala Puskesmas Bika, Kepala SMA Negeri 1 Bika dan Kepala SMP Negeri 1 Bika, serta para undangan lainnya.

    Pada kesempatan itu, Budi Prasetyo, mewakili Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu, menyatakan, pelaksanaan Musrenbang setiap tahunnya didasarkan pada Undang-undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang disusun secara hierarkis, mulai dari pusat sampai ke tingkat Kecamatan dan Desa.

    "Secara konseptual Undang-undang ini mencoba menggabungkan antara pendekatan sebelumnya yang diharapkan mampu membawa berbagai perubahan mendasar pada ekonomi dan kesejahteraan masyarakat terutama di daerah yang jauh dari pusat ibukota dan pusat- pusat pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

    Budi menjelaskan, sesuai dengan kebijakan umum Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2021-2026 pada tahun ketiga, maka tema prioritas pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 yaitu "Pengembangan Kapasitas Desa Menuju Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat".

    "Terdapat empat prioritas utama pembangunan di Kabupaten Kapuas Hulu pada tahun 2024, yaitu peningkatan pertumbuhan ekonomi sektor unggulan daerah, peningkatan kualitas infrastruktur, peningkatan desa mandiri dan peningkatan kesejahteraan sosial," jelas Budi.

    Dalam kegiatan tersebut pula, seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Bika, menyampaikan realisasi program dan kegiatan hasil Musrenbang tahun 2022 untuk realisasi pelaksanaan tahun 2023.

    Selain itu, juga penyampaian program dan kegiatan hasil Musrenbang desa tahun 2023 dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2024, oleh seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Bika.

    Adapun dari pihak Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Bika, Kepala Puskesmas Kecamatan Bika, Kepala SMA Negeri 1 Bika dan Kepala SMP Negeri 1 Bika, menyampaikan program dan kegiatan hasil Musrenbang desa tahun 2023 dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2024. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan