Recent comments

  • Breaking News

    Jelang Pemilu 2024, Ratusan Bacaleg Kapuas Hulu 'Serbu' Rumah Sakit Putussibau

    Para Bacaleg, saat mengisi soal dalam tes tertulis.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Ratusan bakal calon legislatif (Bacaleg) dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Achmad Diponegoro Putussibau, Kapuas Hulu, Kalbar, Senin (08/05/2023).

    Kedatangan para Bacaleg dari sejumlah partai politik tersebut, dalam rangka untuk mengikuti beberapa tes di ruang khusus yang disediakan oleh pihak RSUD Achmad Diponegoro Putussibau, dimana tes tersebut merupakan bagian dari syarat untuk mendaftar sebagai calon legislatif (Caleg).

    Adapun beberapa tes tersebut diantaranya yakni tes kejiwaan secara tertulis dengan mengisi soal sebanyak 338 soal. Kemudian tes wawancara secara lisan yang berkaitan pula dengan kejiwaan Bacaleg. Selain itu, ada pula pemeriksaan kesehatan.

    Direktur RSUD Achmad Diponegoro Putussibau, dr. Herlina, menyatakan, Bacaleg yang hadir mengikuti tes kejiwaan dan kesehatan pada hari ini berjumlah sekitar 190 orang.

    "Kita belum bisa memastikan jumlah semua Bacaleg yang mendaftar karena sampai hari ini pendaftaran masih berlangsung," ujar dr. Herlina, ditemui di ruang tes.

    Herlina menjelaskan, tahapan tes dimulai dengan tes tertulis, kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara, dimana ketika para Bacaleg tersebut lolos, akan memperoleh Surat Keterangan Kesehatan Jiwa (SKKJ) sebagai salah satu persyaratan yang harus dilengkapi dalam pencalonan legislatif.

    "Setelah tes tertulis, dilanjutkan dengan tes wawancara, dimana dalam tes wawancara tersebut melibatkan tiga dokter dari Singkawang," jelasnya.

    Sementara itu, Albertus Anton, Bacaleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) daerah pemilihan (Dapil) Kapuas Hulu III (tiga), mengatakan, tidak ada kesulitan dalam pengisian soal tersebut pada tes kejiwaan maupun tes wawancara.

    "Alhamdulillah, kita tidak mendapatkan kendala dalam mengisi soal pada tes kejiwaan secara tertulis tersebut maupun dalam tes wawancara," katanya.

    Menurut Anton, tes kesehatan jiwa bagi para Bacaleg sangat penting dilaksanakan. Sebab, kata Dia, siapa pun nantinya yang jadi anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu sudah bisa memenuhi kriteria-kriteria kesehatan jasmani maupun rohani.

    "Tentunya kita berharap, semoga lolos dalam tes kejiwaan ini," harap Anton Purik, sapaan karib Albertus Anton.

    Senada dengan Anton Purik, Nurjanah Aini, Bacaleg dari partai NasDem dapil Kapuas Hulu II (dua), mengatakan, tes tersebut merupakan salah satu syarat wajib untuk mendaftarkan diri sebagai bacaleg dalam Pemilu 2024 mendatang.

    "Intinya kita sudah melakukan salah satu bagian dari syarat untuk mendaftar sebagai calon legislatif," ungkap Nurjanah Aini.

    Pantauan media ini, setiap tahapan dalam tes tersebut berlangsung tertib. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan