Recent comments

  • Breaking News

    Ciptakan Keamanan Lingkungan, Tiga Dusun di Desa Nanga Tepuai Aktifkan Kembali Ronda

    Aktivitas warga di Poskamling Sanjaya.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Tiga Dusun di Desa Nanga Tepuai, Kecamatan Hulu Gurung, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, mengaktifkan kembali ronda malam atau Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), yang sempat vakum beberapa tahun terakhir, dimana kali ini lebih banyak masyarakat yang dilibatkan.

    Aktivitas warga di Poskamling Riung.
    Tiga Dusun tersebut yaitu Dusun Sanjaya, Dusun Riung dan Dusun Bemban, dimana masing-masing Dusun melakukan ronda mulai pukul 21.00 WIB (malam) hingga pukul 03.00 WIB (dinihari).

    Aktivitas warga di Poskamling Bemban.
    Adapun di masing-masing pos ronda, berjumlah 10 orang.

    Kepala Desa Nanga Tepuai, Syamsul Khairul Ihsan, mengatakan, diaktifkannya kembali pos ronda tersebut, bertujuan agar terciptanya rasa aman, nyaman, tentram dan damai bagi warga sekitar.

    "Meskipun tidak (belum) terdapat tindakan kriminalitas, khususnya di Desa Nanga Tepuai, namun hal tersebut untuk mencegah sejak dini sebelum terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Syamsul Khairul Ihsan, kepada uncak.com, Kamis (01/06/2023) malam.

    Dijelaskan Syamsul, selain untuk menciptakan rasa aman, nyaman, tentram dan damai, juga untuk menjalin sinergitas antar sesama warga masyarakat dan dengan para Perangkat Desa Nanga Tepuai.

    "Dengan diaktifkannya kembali ronda ini, kita berharap hubungan antar sesama masyarakat dan perangkat Desa Nanga Tepuai menjadi semakin erat, serta keamanan di lingkungan sekitar pun semakin terjaga," harap Syamsul.

    Sementara itu, Kepala Dusun Bemban, Muhammad Fajar, mengatakan, dengan diaktifkannya kembali Siskamling tersebut, lebih meningkatkan kebersamaan dalam hidup bersosial, khususnya bagi warga Dusun Bemban.

    "Harapan kita, dengan adanya Siskamling ini tentunya agar wilayah kita aman, serta silaturahmi semakin terjalin dengan baik antar warga," tutur Fajar.

    Pada kesempatan yang sama, salah seorang warga Desa Nanga Tepuai, Ucok, mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung diaktifkannya kembali Siskamling tersebut.

    "Selaku warga Desa Nanga Tepuai, saya sangat mendukung kegiatan yang positif seperti ini dan saya berharap ini tidak hanya bersifat sementara, namun bisa berkelanjutan, apalagi Desa Nanga Tepuai merupakan wajahnya Hulu Gurung," terang Ucok.

    Ucok juga berharap, kegiatan seperti ini bisa manjadi contoh untuk desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

    "Semoga ini bisa menjadi contoh bagi desa lainnya, khususnya yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu, sebab ini merupakan hal yang positif, demi menciptakan keamanan bagi masyarakat sekitar, serta mempererat tali silaturahmi antar sesama warga," sebut Ucok.

    Sebagaimana diketahui, Desa Nanga Tepuai merupakan salah satu Desa Mandiri yang menjadi Ibu Kota Kecamatan Hulu Gurung, dimana di Desa Nanga Tepuai tersebut, juga merupakan tempat transit atau tempat istirahat bagi sejumlah armada Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) jurusan Putussibau - Pontianak maupun jurusan Putussibau - Sintang. Selain itu, juga merupakan tempat transit bagi taksi (travel) yang melanjutkan perjalanan, baik dari Pontianak menuju Putussibau maupun sebaliknya. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kmiklan