Recent comments

  • Breaking News

    Tanpa Dokumen, Tiga Truk Ekspedisi Bermuatan Rotan dari Pontianak Ditahan di Badau

    Tiga truk ekspedisi bermuatan rotan yang ditahan di wilayah Badau.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Tiga truk ekspedisi bermuatan rotan tanpa dokumen resmi, diamankan pihak TNI di wilayah perbatasan RI-Malaysia, Desa Kekurak, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, beberapa hari lalu.

    Dandim 1206/Putussibau, Lekol Inf Nasli, mengatakan, diamankannya tiga truk ekspedisi yang bermuatan rotan tersebut berawal dari laporan masyarakat bahwa ada tiga truk ekspedisi bermuatan rotan akan masuk ke wilayahnya.

    Selain itu, dirinya juga mendapat Target Operasi (TO) dari Komandan Korem (Danrem) 121/Abw untuk mengecek kebenaran, atas informasi tersebut, sehingga pihaknya pun melakukan pencegatan di Daerah Badau, tepatnya di Desa Kekurak.

    "Pencegatan itu dilakukan untuk mengecek kebenaran dari informasi yang kami peroleh. Selain itu, juga untuk mengetahui barang tersebut mau dibawa ke mana. Ternyata setelah dihentikan, hanya ada sopirnya saja, sedangkan pemilik barang tidak ada," ujar Dandim dihubungi via panggilan WhatsApp, Selasa (30/01/2024).

    Setelah didalami melalui sopir lewat keterangannya, lanjut Dandim, mengatakan bahwa pemilik barang tersebut ada di Pontianak, sehingga sampai saat ini pihaknya masih mencari pemilik barang tersebut, dengan tujuan untuk berkoordinasi.

    Dandim menyebut bahwa surat-menyurat dari barang (rotan) yang dibawa tersebut tidak lengkap sehingga pihaknya sampai saat ini masih menunggu. Oleh sebab itu pihaknya masih melakukan penahanan terhadap truk beserta muatan (rotan) yang dibawa tersebut sampai ada kejelasan atau kepastian.

    "Berdasarkan keterangan dari sopir, barang tersebut akan dibawa atau disimpan ke gudang di Badau," jelasnya.

    Dandim memaparkan, berdasarkan keterangan sopir pula, rotan tersebut berasal dari Pontianak, di mana sopir mengaku hanya diperintahkan untuk membawanya ke Badau.

    "Posisi tiga orang sopir beserta satu orang koordinator ekspedisi saat ini  berada di Badau. Kita tidak menahan mereka tapi masih dalam proses koordinasi dengan pemiliknya," ungkap Dandim.

    Menurut Dandim, kasus rotan yang masuk ke wilayah Badau tersebut informasinya tidak satu kali ini saja, melainkan sudah pernah terjadi sebelumnya (diduga) sehingga pihaknya mendapatkan target operasi dari Komandan Korem.

    Ia menambahkan, ketika barang yang dibawa tersebut sudah diketahui statusnya apakah legal atau ilegal, barulah pihaknya akan melimpahkannya ke pihak kepolisian setempat.

    "Pihak kami beserta Korem saat ini masih melakukan pendalaman terhadap masalah ini, apakah barang tersebut mau dibawa ke Malaysia atau seperti apa, masih kita dalami," ungkapnya. (Nt)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan