Recent comments

  • Breaking News

    Peringati HUT Kartini, SMPN 1 Kalis Gelar Carnaval

    Kegiatan carnaval oleh seluruh siswa SMPN 1 Kalis dalam rangka HUT Kartini, Jum'at (21/4/17).
    PUTUSSIBAU, Uncak.com – Dalam rangka memperingati HUT Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, SMP Negeri 1 Kalis, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu menyelenggarakan kegiatan carnaval, Jum’at (21/4/17).

    “Pada kegiatan carnaval tersebut diikuti oleh seluruh pelajar SMPN 1 Kalis dengan menggunakan beragam jenis pakaian diantaranya pakaian adat Melayu, pakaian adat Kapuas Hulu serta pakaian adat Nusantara,” kata Iwan Ampriyadi, S.Pd.Fis.,M.M.Pd, Kepala SMP Negeri 1 Kalis kepada Uncak.com, Jum’at.

    Sedangkan untuk rute yang akan ditempuh oleh para bujang dan dara pelajar SMPN 1 Kalis hanya disekitar penduduk yang dekat dengan lingkungan sekolah. “Kedepan kita akan perluas rutenya sampai kepemukiman penduduk khususnya dipusat Kota Kecamatan Kalis,” ungkapnya.
    Seluruh siswa SMPN 1 Kalis saat lakukan carnaval.
    Lebih lanjut Iwan menjelaskan, bahwa tujuan dari kegiatan carnaval ini adalah agar generasi muda sebagai pelajar dapat mewarisi keteladanan Kartini dalam memperjuangkan hak-hak wanita dan rakyat kecil untuk mendapatkan pendidikan dalam mendobrak budaya pingitan dan budaya penjajahan yang selalu diskriminasi dengan hak-hak pribumi.

    Selain itu, kegiatan ini juga mempunyai makna khususnya masa sekarang sangat strategis untuk membina generasi muda mengingat zaman semakin mengglobal, guna menekan pengaruh negatif terutama peredaran video porno baik media elektronik dan media sosial yang luar biasa dampaknya. “Demikian juga pengaruh miras dan narkoba yang luar biasa dampaknya saat ini kepada pelajar,” terang Iwan.

    Selain carnaval, ada juga kegiatan kontes cara berpakaian adat serta kelengkapan pakaiannya yang benar, yang dinilai oleh guru-guru dari SMPN 1 Kalis. “Walau dadakan, smua siswa semangat mengikutinya serta banyak pelajaran yang bisa dipetik dalam kegiatan tersebut,” pungkasnya.  [Amr]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kmiklan