Recent comments

  • Breaking News

    Atasi Sampah, Dinas LHPRKP Siapkan TPS di Terminal Bus Kedamin

    Dinas LHPRKP Kapuas Hulu, saat membersihkan sampah di Jalan Lintas Selatan Desa Kedamin Darat.

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Kata sampah bukanlah hal yang baru bagi kita. Jika mendengar kata ini, pasti terlintas dibenak kita bahwa sampah adalah semacam kotoran, setumpuk limbah, dan sekumpulan berbagai macam benda yang telah dibuang ataupun sejenisnya yang menimbulkan bau busuk yang menyengat hidung.

    Dengan kata lain, sampah dapat diartikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses yang cenderung merusak lingkungan di sekitarnya.

    Sampah merupakan salah satu dari sekian banyak masalah sosial yang dihadapi masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun masyarakat di daerah yang padat pendududuknya pasti menghasilkan sampah yang begitu banyak.

    Seperti halnya sampah yang sengaja dibuang oleh warga di pinggir Jalan Lintas Selatan, Desa Kedamin Darat, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar yang telah berlangsung cukup lama, sehingga menjadi perbincangan hangat selama ini.

    Untuk mengatasi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (LHPRKP) Kabupaten Kapuas Hulu, Ambrosius Sadau, telah menyiapkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di sekitaran wilayah itu yakni di terminal bus antar kota dalam Provinsi di Kedamin.

    "Terhadap sampah yang sudah terlanjur dibuang di pinggir jalan tersebut, Dinas LHPRKP Kspuas Hulu berusaha membersihkannya dengan mengangkutnya di pembuangan akhir, baik dengan cara manual maupun menggunakan alat berat Exa Dekoloder selama dua hari ini," ujar Ambrosius Sadau kepada uncak.com,, Rabu (7/3/18).

    Sadau berharap, dengan sudah disiapkannya TPS, warga sekitar tidak lagi membuang sampah sembarangan, apalagi di pinggir jalan umum.

    "Tidak ada lagi alasan untuk membuang sampah sembarangan, apalagi di pinggir jalan, karena TPS sudah disiapkan," tegasnya penuh harap. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad