Recent comments

  • Breaking News

    Bangkitkan Potensi Kerajinan, Dekranasda Kapuas Hulu Dikukuhkan

    Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, saat mengukuhkan Dekranasda Kapuas Hulu, Senin (16/8/2021).

    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kapuas Hulu periode 2021-2025 dikukuhkan oleh Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan di Pendopo Bupati, Senin (16/8/2021). 

    Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyampaikan, bahwa peran Dekranasda dapat membangkitkan semua potensi kerajinan di Kapuas Hulu

    "Dekranasda memiliki peran untuk membangkitkan kerajinan di Kapuas hulu. Dengan melakukan pembinaan dan peningkatan kualitas serta memperhatikan daya saing produk berbasis kearifan lokal yang sesuai dengan selera global," katanya. 

    Bupati yang kerap disapa Sis ini mengatakan, agar kepengurusan dekranasda yang baru dilantik agar terus berupaya dan lebih bekerja keras lagi dalam mengangkat dan mengembangkan kerajinan kabupaten Kapuas Hulu.

    "Kita berharap keberadaan kerajinan yang ada di Kapuas hulu bisa di kenal lebih luas lagi, baik di level nasional maupun internasional," ujarnya. 

    Sementara itu Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Angeline Fremalco mengatakan, Kapuas Hulu memiliki banyak kerajinan dan produk unggulan yang dapat di kelola untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

    "Selama ini produksi hasil kerajinan tangan tidak stabil, karena masih dianggap profesi sampingan, padahal hasil produk itu bisa meningkatkan ekonomi keluarga," katanya.

    Angeline mengatakan, Kapuas Hulu merupakan kabupaten yang unik dengan banyak potensi kerajinan dan makanan kuliner, akan tetapi masih perlu dikembangkan dan digali.

    Disebutkan Angeline, Kapuas Hulu terkenal dengan kain tenun Sidan, dan kerajinan tangan anyam-anyaman, serta makanan kuliner olahan ikan Kerupuk Basah, Madu dan banyak lagi produk unggulan yang mesti terus dikembangkan.

    Menurutnya, yang perlu diperhatikan kedepannya bagaimana Dekranasda bisa memberikan edukasi dan pembinaan kepada pelaku usaha kerajinan agar menjaga kualitas dan stabilitas hasil produksi.

    "Peran Dekranasda itu bukan hanya mempromosikan tetapi bagaimana memasarkan kita harus merubah pola pikir untuk meningkatkan perekonomian dengan memanfaatkan media digital," jelas Angeline.

    Ia pun mengajak seluruh pengurus Dekranasda Kapuas Hulu dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggu jawab, dengan terobosan lebih kepada menjaga kualitas kemasan dan perkuat pemasaran.

    "Manfaatkan media teknologi untuk pemasaran, karena target kita memang menjual bukan hanya mempromosikan dan jangan dulu berpikir lebih mementingkan keuntungan pribadi," kata Angeline yang juga merupakan Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat ini. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak