Recent comments

  • Breaking News

    Enam Desa di Kecamatan Seberuang Kena Dampak PETI


    Kondisi air sungai di Seberuang makin parah akibat PETI. istimewa

    KAPUAS HULU - Sempat pernah dilakukan penindakan, kegiatan Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kecamatan Seberuang hingga hari ini masih berlangsung. Air sungai di Seberuang tampak keruh dan tak bisa digunakan lagi masyarakat setempat.

    Akibat PETI tersebut berdampak pada enam desa yang ada di Kecamatan Seberuang diantaranya diantaranya Desa Bekuan, Bati,Tanjung Keliling, Sejiram Satu, Tajau Mada dan Nanga Pala. Polisi pun diminta untuk menindak tegas pelaku PETI yang ada di Kecamatan Seberuang.

    "Saya sebagai Kadus Tanjung Keliling sangat berharap agar masalah ini ditindak tegas oleh aparat penegak hukum," kata Bernadus Kadus Tanjung Keliling Desa Tanjung Keliling Kecamatan Seberuang, Jumat (22/07/2022).

    Bernadus mengatakan, keruhnya sungai Seberuang akibat dari adanya aktivitas PETI yang ada di perhuluan sungai Seberuang sudah berlangsung setahun lebih.

    "Kami sangat bergantung dengan sungai Seberuang karena daerah saya tidak ada air bersih. Jadi untuk semua jenis aktivitas sangat bergantung pada sungai Seberuang," ujarnya.

    Sementara Petrus Agustinus Warga Desa Tajau Mada Kecamatan Seberuang sangat mengharapkan pihak kepolisian bisa menghentikan tambang emas di hulu sungai. "Agar tidak terjadi lagi pencemaran pada air sungai Seberuang pada saat sekarang ini," ungkapnya.

    Dirinya juga sangat mengharapkan bagaimana pemerintah daerah agar bisa memulihkan air sungai Seberuang ini jernih seperti dahulu.

    "Sebelum ada tambang emas air sungai ini tidaklah keruh seperti saat ini," ungkapnya.
    Sementara Antonius Ricki Kades Tanjung Keliling Kecamatan Seberuang mengatakan, kondisi air sungai Seberuang kini makin parah akibat adanya kegiatan pertambangan di hulu sungai. 

    "Sebenarnya kegiatan PETI di hulu sungai itu sudah beberapa kali ditindak tapi tidak diindahkan oleh pelaku PETI," jelasnya.

    Antonius mengatakan, dulu ketika ditindak oleh Muspika Seberuang, kegiatan PETI saat itu jumlahnya banyak dan sempat berhenti, namun saat ini kegiatan PETI ini masih berlangsung sehingga membuat air sungai keruh. "Kurang lebih sudah ada dua tahun kondisi air sungai seperti ini," tuturnya.

    Lanjut Kades, sebelum air sungai Seberuang ini keruh, air sungai yang ada di wilayahnya ini digunakan untuk minum dan lainnya. Namun masyarakat sudah tidak berani lagi menggunakan air sungai tersebut.

     "Kita sangat berharap kepada pihak kepolisian dapat tegas menindak PETI ini," harapnya.
    Sementara IPDA Sipyani Kapolsek Seberuang menyampaikan bahwa sebelum dirinya menjabat Kapolsek Seberuang, pihaknya juga sudah melakukan penindakan terhadap pelaku PETI diwilayah hukumnya.

    "Kami sudah pernah melakukan penyitaan terhadap alat Dompeng pelaku PETI, bahkan dari Muspika juga sudah pernah hadir di lokasi pertambangan. Kita juga sudah memberikan teguran kepada pelaku PETI. Namun seminggu etelah itu pelaku pertambangan kembali melakukan aksinya," ungkapnya.

    Sipyani mengatakan, pihaknya bahkan pernah memanggil pelaku PETI tersebut danbuat surat perjanjian agar mereka tidak melakukan PETI kembali. "Kami juga hampir setiap hari memberikan sosialisasi terkait PETI ini," tuturnya.

    Sambung Sipyani, dirinya berjanji dalam waktu dekat ini akan kembali menghentikan kegiatan PETI ini, tapi karena mengingat saat ini mau Pilkades, pihaknya masih fokus dalam pengawasan Pilkades sementara ini. ""Habis Pilkades nanti kita akan ingatkan lagi kepada pekerja PETI. Karena air sungai Seberuang tidak layak untuk mandi dan lainnya. Soalnya 6 desa yang terdampak PETI itu tidak ada air bersih," pungkasnya. (rin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan