Recent comments

  • Breaking News

    Festival Danau Sentarum Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Kapuas Hulu

    Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan saat mengunjungi stand pameran 

    KAPUAS HULU - Festival Danau Sentarum yang digelar di Kecamatan Batang Lupar dilaksanakan dari tanggal 1-4 Desember 2022 diharapkan mampu meningkatkan ekonomi. 
    Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan saat ditemui menyampaikan, dirinya cukup bersyukur karena Festival Danau Sentarum bisa terlaksana karena selama dua tahun even ini vakum. Dan ini merupakan kesempatan bagi Kabupaten Kapuas Hulu untuk menampilkan dan mempromosikan kekayaan alam Bumi Uncak Kapuas mulai dari adat dan budaya yang ada di Kapuas Hulu. 

    "Tadi kita lihat bagaimana prosesi penyambutan ada menggunakan tiga prosesi adat yakni dari Suku Melayu, Sub Suku Dayak Iban dan Sub Suku Dayak Tamambaloh. Ini mencerminkan keberagaman dan kebersamaan kita yang ada di Kapuas Hulu, " katanya. 

    Bupati mengatakan, kegiatan Festival ini peluang yang sangat bagus, dimana para UMKM bisa ikut pameran sehingga dengan hadirnya masyarakat dalam acara ini tentu membantu perekonomian masyarakat.

     "Kedepan kita harap kegiatan ini tetap terus dilakukan, bahkan lebih baik lagi dari ini. Kita even ini coba-coba dahulu melihat respon masyarakat setelah pandemi Covid-19. Tapi saya lihat masyarakat sudah mendukung kegiatan ini, " ungkapnya. 

    Pada kesempatan yang sama, Koordinator Strategi dan Komunikasi Wisata Alam, Budaya dan Buatan,  Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Firnandi Ghufron menyampaikan, pihaknya sangat mendukung atas terselenggaranya Festival Danau Sentarum ini.

    "Ujung dari kegiatan ini adalah kebangkitan ekonomi, saya melihat UMKM disini kualitas dan produksinya sudah bagus," ungkap Ghufron.
    Dirinya berharap, tahun depan Festival Danau Sentarum bisa dilaksanakan lebih baik, dan bisa diadakan bertepatan dengan momentum libur bersama.

    "Jadi pada saat dilaksanakan dalam momentum libur bersama, yang hadir tidak hanya lokal Kapuas Hulu, tapi bisa dari Regional Kalimantan. Maka kami sangat menyambut baik, warga negara tetangga juga bisa menikmati kekayaan budaya kita disini," kat Ghufron.

    Terkait dengan dukungan anggaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ghufron menyampaikan memang saat ini masih masih mengalami kendala karena adanya refocusing untuk penanggulangan 
    Covid-19 dan kenaikkan BBM.

    "Namun kita berkomitmen mendukung kedepan dan setelah ini kami dan Pemkab Kapuas Hulu akan melakukan evakuasi ada untuk perbaikan event Festival Danau Sentarum kedepannya," pungkas Ghufron. (amr) 

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan