Recent comments

  • Breaking News

    Malam Puncak Festival Budaya Kapuas Hulu 'Pecah', Gepeng Turut Menghibur Pengunjung

    Iva Lola dan Gepeng.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Ribuan pengunjung menyaksikan malam puncak (penutupan) Festival Budaya Kapuas Hulu tahun 2023, bertempat di GOR Uncak Kapuas Putussibau, Sabtu (17/06/2023).

    Acara itu dihadiri langsung oleh Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, yang sekaligus menutup secara resmi kegiatan tersebut, dimana kegiatan tersebut sebelumnya dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd. Zaini, pada 11 Juni 2023 lalu.

    Ribuan pengunjung memadati GOR Uncak Kapuas Putussibau, pada malam penutupan Festival Budaya Kapuas Hulu Tahun 2023.
    Dalam acara penutupan itu, hadir pula Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, Sekda, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, serta pejabat penting lainnya.

    Selain itu, dihadiri pula oleh atlet tinju profesional kebanggaan Indonesia asal Kalimantan Barat yang memiliki karier cemerlang dalam dunia tinju profesional di kancah internasional (dunia), yaitu Daud Yordan.

    Kegiatan yang mengusung tema "Harmonis Dalam Keberagaman" itu, menggelar berbagai lomba, diantaranya lomba musik etnik, lomba tari Melayu, lomba tari Dayak, lomba drama, lomba menyanyi solo dan lomba peragaan busana.

    Adapun rangkaian acara dalam penutupan (closing ceremony) tersebut, diantaranya yakni penyerahan hadiah kepada para pemenang dari berbagai lomba, serta menyuguhkan sejumlah penampilan dari para pemenang dalam lomba tersebut, baik penampilan tari etnik Dayak, etnik Melayu, nyanyi solo maupun penampilan alat musik dari etnik Dayak dan Melayu.

    Sedangkan dalam acara penutupan yang dimulai sekitar pukul 19.00 WIB itu, sempat membuat para pengunjung merasa bosan menyaksikan rangkaian demi rangkaian acara, sehingga tidak sedikit pengunjung yang terdengar menggerutu karena terlalu lama menunggu penampilan artis, dimana mereka mengaku bahwa kedatangan mereka yang paling utama yaitu ingin menyaksikan penampilan artis, yang sebelumnya telah dikabarkan akan hadir dalam acara penutupan tersebut.

    Hingga sekitar pukul 23.00 WIB, yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung akhirnya tiba sehingga rasa bosan mereka terbayarkan oleh kehadiran artis Ibukota, Iva Lola dan artis khusus lagu daerah yang berasal dari suku Dayak di Kalimantan Barat, yaitu Tino Ame.

    Tampak para pengunjung sangat antusias dan hanyut dalam euforia kegembiraan, saat Iva Lola tampil dengan membawakan lagu-lagu yang bergenre musik dangdut, yang tengah hits hingga saat ini, diantaranya lagu yang berjudul Ojo Dibandingke dan Rungkad.

    Suasana pun menjadi semakin 'pecah' (meriah) saat Gepeng turut berjoget di lapangan, tepatnya di depan panggung dan disambangi oleh Iva Lola, yang turun dari panggung untuk menemani Gepeng dan berkeliling menyapa pengunjung lebih dekat.

    Tak kalah meriahnya pula saat tiba penampilan Tino Ame, walaupun sebelumnya para pengunjung sempat pula terdengar menggerutu dan bersorak meneriaki kru dari Tino Ame karena terlalu lama mempersiapkan alat-alat musik atau ornamen mereka, untuk penampilannya tersebut. Namun, semua telah terbayarkan setelah Tino Ame akhirnya tampil menyanyikan lagu-lagu daerah kebanggaannya, seperti lagu yang berjudul Dayak Ganteng, yang cukup hits saat ini, yang membuat para pengunjung sangat terhibur sehingga turut berjoget ria.

    Dalam acara penutupan itu, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dan Ketua Panitia Penyelenggara Festival Budaya Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, yang juga merupakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu itu, masing-masing menyumbang satu lagu, dimana saat Bupati menyumbangkan satu lagu, Wakil Bupati, Wahyudi Hidayat dan Sekda beserta sejumlah Kepala OPD turut serta menemani dan berjoget di atas panggung.

    Atas dilaksanakannya Festival Budaya Kapuas Hulu tersebut, Bupati mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, atas partisipasi dan keterlibatannya, sehingga pelaksanaan Festival Budaya Kapuas Hulu itu berjalan lancar.

    "Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu dan pribadi, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan berpartisipasi dalam kegiatan ini, dimana kegiatan ini sebagai upaya untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang ada, khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu," kata Bupati.

    Bupati berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai-nilai budaya maupun tradisi.

    "Salam budaya, lestarikan untuk Kapuas Hulu HEBAT (Harmonis, Energik, Berdayasaing, Amanah dan Terampil," seru Fransiskus Diaan.

    Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Petrus Kusnadi, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian perayaan hari jadi ke-128 Kota Putussibau, dimana sengaja dipadukan oleh Pemerintah Daerah setempat dan akan menjadi event tahunan. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan