Recent comments

  • Breaking News

    Beras Bantuan Membusuk Ditemukan di Gudang di Putussibau, Warga Minta Usut BPBD Kapuas Hulu

    Tumpukan beras dan bahan pangan lainnya yang berada di dalam gudang Dinas PUPR, yang dipinjam pihak BPBD Kabupaten Kapuas Hulu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Beras bantuan yang diperuntukkan bagi masyarakat terdampak bencana, yang disimpan oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu di gudang, yang terletak di Jalan menuju ke arah Desa Teluk Sindur, Kecamatan Bika, atau tepatnya di samping gedung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, yang satu deretan dengan Puskesmas Putussibau Selatan, diduga sudah dalam kondisi membusuk.

    Banyaknya beras yang sudah membusuk tersebut diduga dikarenakan lambatnya penyaluran ke masyarakat yang terdampak bencana karena diduga pula buruknya regulasi penyaluran sehingga menumpuk di gudang, dalam waktu lama.

    Warga Putussibau yang enggan disebutkan namanya mengatakan, barang-barang yang berada di gudang milik Dinas PUPR yang dipinjam BPBD Kabupaten Kapuas Hulu tersebut sebagian besar beras yang sudah membusuk.

    "Mengapa sebelum busuk tidak disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, sementara masih banyak masyarakat yang membutuhkan," ujarnya baru-baru ini.

    Ia sangat menyayangkan sejumlah bahan pangan tersebut tidak disalurkan tepat waktu, yang pada akhirnya membusuk sehingga menyebabkan kerugian negara.

    "Kami mohon kasus ini diusut tuntas sampai dengan ke BPBD Kabupaten Kapuas Hulu," pintanya.

    Sebelumnya, dirinya menginformasikan hal tersebut kepada awak media. Ia menyarankan apabila awak media melakukan pemeriksaan ke gudang tersebut, supaya tidak memberitahukan terlebih dahulu kepada pihak mana pun, agar pihak tertentu tidak membersihkan atau menghilangkan barang bukti.

    "Langsung lakukan inspeksi mendadak. Bongkar gudangnya. Lihat di situ Pak banyak sekali beras yang membusuk dan expired kenapa tidak disalurkan kepada masyarakat," sarannya.

    Menerima informasi tersebut, awak media pun mendatangi gudang yang dimaksud, Kamis (14/03/2024).

    Saat tiba di gudang, pintu gudang yang terbuat dari besi tersebut dalam keadaan terkunci. Namun, ada sedikit celah untuk melihat ke dalam.

    Berdasarkan pantauan langsung dari celah pintu besi tersebut, terdapat tumpukan beras. Tampak pula beras Bulog yang berada di dalam gudang tersebut, namun kondisinya belum diketahui, apakah benar beras-beras tersebut sudah dalam kondisi membusuk sebagaimana yang diinformasikan kepada awak media.

    Atas hal tersebut, awak media mendatangi kantor BPBD Kabupaten Kapuas Hulu di Putussibau,

    Dalam pernyataannya, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan, tidak mengelak bahwa hal tersebut benar adanya.

    Menurut Gunawan, barang-barang tersebut merupakan barang bantuan berbagai macam jenis, seperti beras, ikan kaleng, mie instan dan roti, yang pihaknya terima dari berbagai pihak, baik dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, lembaga maupun dari perusahaan, beberapa tahun lalu, bahkan sebagian di antaranya ada yang diterima pada saat Pandemi COVID-19 lalu.

    "Pada saat itu tidak ada kejadian bencana dan momen bencana juga sudah lewat sehingga barang-barang tersebut tidak disalurkan. Selain itu, kami juga terkendala dana operasional sehingga untuk menyalurkan bantuan tersebut kami tidak memiliki anggaran," ujar Gunawan, ditemui di kantornya, Jumat (15/03/2024).

    Selaku Kepala Pelaksanaan, dirinya memang menerima informasi terkait hal tersebut dari Bidang terkait (Bidang Kedaruratan), yang menangani hal itu, namun dirinya sudah menyarankan untuk membuat berita acara pemusnahan terhadap barang-barang yang sudah tidak layak konsumsi (kedaluwarsa) tersebut.

    "Saya sudah berulang kali menyarankan kepada Kepala Bidang terkait, untuk membuat berita acara pemusnahan terhadap barang-barang yang sudah tidak layak konsumsi tersebut," terangnya.

    Berkaca dari hal tersebut, Gunawan menyarankan kepada pihak ketiga, yang akan memberi bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana ke depannya, untuk langsung saja menyalurkan bantuan tanpa perlu melalui BPBD.

    "Bukannya kita tidak mau menerima bantuan dari pihak ketiga untuk korban bencana, tapi kita terkendala soal operasional yang tidak ada anggarannya, untuk menyalurkan bantuan tersebut. Oleh sebab itu apabila suatu saat ada lembaga atau perusahaan yang ingin memberi bantuan kepada para korban bencana, lebih baik langsung saja disalurkan kepada para korban," ungkapnya. (Nt)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan