Recent comments

  • Breaking News

    Pembukaan Cetak Sawah Kejar Target


    Dandim 1206/Psb, Letkol Kav. Budiman Ciptadi
    Putussibau (Berita Uncak) - Pembukaan cetak sawah baru yang di dampingi pihak TNI di Kapuas Hulu Kalimantan Barat saat ini sedang kejar target penyelesaiannya. Sebab lahan seluas 1.600 hektare tersebut harus sudah selesai pada 30 Juni 2016. 

    Dandim 1206/Psb, Letkol Kav. Budiman Ciptadi, menjelaskan untuk saat ini cetak sawah sudah 52 persen atau 838 hektare dari 1.600 hektare yang tersebar di 10 kecamatan di wilayah Kapuas Hulu. "Kami diberikan target sampai akhir bulan Juni ini, namun sepertinya target tersebut belum bisa terkejar, sebab kita dihadapkan beberapa kendala di lapangan," katanya. 

    Dia menjelaskan beberapa kendala di lapangan yaitu musim penghujan, sehingga menghambat pekerjaan di lapangan. Bahkan ada alat berat yang sempat terendam air. Hingga saat ini pihaknya melibatkan tujuh kontraktor lokal dalam menyelesaikan cetak sawah untuk mengejar target yang ditentukan. 

    Dia menambahkan, tindak lanjut dari cetak sawah baru tersebut nantinya akan diserahkan kepada kelompok tani setempat. Setelah itu akan dilakukan penanaman baik itu padi, jagung maupun kedelai. "Dalam pekerjaan itu, kami selaku TNI sifatnya hanya pendamping, jadi bukan TNI bukan sebagai kontraktor atau bukan pencari proyek, tetapi itu sudah MoU TNI dan pihak Kementerian Pertanian," jelas Budiman.

    Tugas pokok TNI selain operasi militer perang, ada juga operasi militer selain perang, hal tersebut sudah tertuang dalam Undang - Undang No: 34 Tahun 2004 Tentang TNI. Salah satunya TNI membantu Pemerintah Daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk di bidang pertanian.

    Ia mengatakan, masyarakat sebenarnya sudah lama mendambakan cetak sawah baru tersebut, diharapkan ke depan program tersebut berhasil, kemudian cetak sawah tersebut akan berkelanjutan. "Kami mendampingi karena secara nasional sebelumnya dengan adanya TNI dianggap berhasil, sehingga TNI masih diberikan kepercayaan agar bantuan-bantuan yang disalurkan Pemerintah juga jelas," ucapnya.

    Selain itu, Budiman berharap target penyelesaian yang diberikan tersebut dapat tercapai, meskipun memang harus melalui banyak kendala. Untuk mencapai target memang cukup berat dengan kendala yang dihadapi di lapangan, namun tentu kami terus berupaya, ujarnya. (Amrin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro