Recent comments

  • Breaking News

    Harga Ikan Selama Puasa Jelang Lebaran Masih Stabil


    Beberapa jenis ikan yang masih cukup pasokannya selama puasa menjelang lebaran di pasar pagi Putussibau/ Amrin
    Putussibau (Berita Uncak) - Harga ikan di Pasar Pagi Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu khususnya ikan air tawar sungai kapuas selama bulan puasa hingga jelang lebaran masih relatif stabil.
     
    "Stabilnya harga ikan ini disebabkan karena pasokan ikan dari daerah hilir sungai kapuas khususnya para nelayan masih mencukupi," ucap Hermawan Iwan (35), salah satu pedagang ikan pasar pagi Putussibau, Minggu (3/7).

    Saat ini para nelayan masih mudah mencari ikan baik di sepanjang sungai kapuas maupun danau-danau yang ada. "Kemungkinan juga akan mengalami penurunan selama jelang lebaran ini," kata Iwan.

    Iwan menambahkan, untuk harga beberapa jenis ikan seperti ikan Tapah Rp35 ribu-Rp40 ribu/kg, Lais Tembiring masih tetap Rp50 ribu/kg, serta ikan Tapah Rp40 ribu/kg nya. Hanya ikan-ikan jenis tertentu saja yang mengalami kenaikan, seperti ikan Belidak dari harga Rp80 ribu/kg menjadi Rp90 ribu/kg dan ikan Seladang dari harga Rp100 ribu/kg naik Rp120 ribu/kg. "Hal ini dikarenakan kedua jenis ikan ini merupakan ikan yang mahal dan susah untuk didapat," jelas Iwan.

    Dari harga ikan tetap kita jaga stabil, karena pasokan ikan juga masih tercukupi. Sebab, kasihan dengan masyarakat ekonomi menengah kebawah yang kurang mampu, dan jangan sampai kita mengambil kesempatan karena jelang lebaran, ungkapnya.

    "Untuk saya sampai saat ini paling banyak pemasok ikan yang berasal dari Kecamatan Embaloh Hilir, untuk yang saya jual setiap harinya, kecuali pasokan ikan berkurang baru saya mengambil dari nelayan atau pemasok ikan dari daerah lain," tuturnya.

    Diharapkan juga kepada dinas terkait seperti Disperindagkop Kabupaten Kapuas Hulu agar melakukan pengawasan terhadap harga pasar agar bisa stabil ketika pasokan ada, serta takaran/timbangan agar pembeli atau konsumen merasakan pelayanan yang nyaman dari penjual, karena selama ini boleh dikatakan tidak pernah melakukan pengawasan kelapangan, harapnya. (Amrin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad