Recent comments

  • Breaking News

    Soal Sistem Pemilu 2019, PKB Belum Mau Ikut NasDem Ataupun PDIP


    Foto : Ilustrasi
    Putussibau (uncak.com) - Wakil Sekjen (Wasekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan mengatakan, partainya tengah mengkaji perubahan UU Pemilu yang akan dibahas Komisi II dalam waktu dekat ini. "Masih dikaji (terbuka atau tertutup) secara mendalam oleh tim khusus dengan mempertimbangkan berbagai aspek," kata Daniel kepada TeropongSenayan, Jumat (22/7/2016).

    Sudah adanya sikap dari beberapa parpol, seperti NasDem yang ingin dilakukan terbuka dan PDIP ingin tertutup, menurut ia semua itu bisa dibicarakan secara komprehensif di tingkat Fraksi saat pembahasan RUU Pemilu nanti. "Iya nanti kita cari titik temu yang terbaik karena semuanya punya semangat bagaimana demokrasi semakin matang dan efektif untuk sejahterakan rakyat," terangnya.

    Wakil Komisi IV DPR RI ini mengakui bahwa diperlukan adanya revisi UU Pemilu guna menangkal terjadinya politik uang, di Pileg dan Pilpres 2019 nanti.

    "Kita tutup kemungkinan money politic-nya dan bagaimana pemilu mendorong partisipasi yang luas," pungkasnya.

    Sementara itu, DPR melalui Komisi II yang membidangi pemilu, akan segera membahas revisi paket UU Pemilu yakni UU Nomor 8 tahun 2012 tentang Pemilu Legislatif, UU No 42 tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, serta UU Nomor 15 tahun 2014 tentang Penyelenggara Pemilu.

    Sebagai informasi, sistem proporsional terbuka yakni pemilih mencoblos gambar partai dan nama Caleg. Sedangkan sistem proporsional tertutup cukup dengan hanya mencoblos gambar partai.

    [ www.teropongsenayan.com ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad