Recent comments

  • Breaking News

    Satlantas Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas Kepada Pelajar

    Foto: IPD.Bindu, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Kapuas Hulu, sebagai inspektur upacara pada upacara bendera di SMAN 2 Putussibau sekaligus memberikan sosialisasi tentang tertib lalu lintas. (Amrin)
    Kapuas Hulu [uncak.com] – Sebagai upaya meningkatkan tertib lalu lintas khususnya dikalangan pelajar, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kapuas Hulu memberikan sosialisasi ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas kepada pelajar di SMA Negeri 2 Putussibau (SMANDU), Kecamatan Putussibau Selatan, Kapuas Hulu.

    Dalam kegiatan ini, sosialisasi disampaikan oleh IPD. Bindu Kanit Dikyasa Satlantas Polres Kapuas Hulu yang langsung bertindak sebagai inspektur upacara bendera rutin sekolah pada, Senin pagi (3/10/16).

    “Tertib berlalu lintas dijalan raya itu sangat penting bagi kita khususnya pelajar, terutama untuk menjaga keselamatan kita saat berkendara,” kata Bindu, dihadapan ratusan pelajar.

    Bindu menjelaskan bahwa ada 3 (tiga) tips yang perlu kita persiapkan agar selamat dalam berlalu lintas. Yang pertama siap diri yaitu kesehatan, artinya saat berkendara kita tidak dalam keadaan sakit. Selain itu tidak mengkonsumsi minuman berakohol yang menyebabkan pusing-pusing sehingga bisa berdampak terhadap keselamatan kita dalam berlalu lintas. Karena sering kita temukan ketika terjadi Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) kebanyakan dari korban dalam keadaan mabuk karena sudah mengkonsumsi miras, maka saya menghimbau kepada siwa-siswi jangan sampai mengkonsumsi minuman berakohol saat berkendara di jalan raya.

    Tips kedua lanjutnya, masalah siap kendaraan. Artinya kendaraan kita harus dalam keadaan baik seperti kondisi rem dan lampu harus berfungsi, kaca spion harus ada serta ban juga harus dicek karena bisa berdampak juga terhadap kecelakaan berlalu lintas.

    Yang ketiga siap surat menyurat kendaraan  seperti STNK maupun SIM terutama yang sudah berumur 17 tahun atau 16 tahun keatas sudah bisa mengajukan pembuatan SIM dan harus lulus kompetensi seleksi pembuatan SIM, tambahnya.

    “Masalah SIM saya tahu banyak pelajar yang belum punya SIM apalagi yang belum memenuhi syarat seperti umur tadi. Tapi kami masih memberikan toleransi khususnya kepada pelajar, karena ketika kami lakukan razia baik pagi maupun sore tentu banyak yang akan terjaring,’ ungkap Bindu.

    Oleh karena itu kami masih memberi toleransi kepada pelajar yang menggunakan kendaraan motor saat berangkat kesekolah sehingga kami juga tidak mau menghambat para pelajar dalam melaksanakan pendidikan mereka. “Bukan berarti kami mengabaikan penegakan hukum, tapi ketika diluar itu saat melanggar dan terjaring razia kami tetap lakukan tilang,” tegasnya.

    Foto: Siswa SMANDU Putussibau saat upacara rutin sekolah.
    Saya berharap kepada seluruh pelajar saat berkendara harus mematuhi tips siap berkendara dan tertib dalam berlalu lintas sehingga kita bisa selamat dalam berkendara, harapnya.

    Kepala Sekolah SMANDU Putussibau, Rudi Susanto,S.Pd mengatakan sangat senang sekali berterima kasih dengan adanya kerjasama dengan pihak Satlantas Polres Kapuas Hulu dalam memberikan sosialisasi tentang keselamatan dan tertib berlalu lintas kepada pelajar disekolah khususnya kepada siswa-siswi SMANDU Putussibau.

    “Kita berencana juga kedepannya akan mengundang pihak-pihak terkait lainnya dari berbagai instansi ke SMANDU Putussibau untuk memberikan sosialisasi kepada pelajar,” ungkap Rudi.

    Saya berharap kepada siswa dengan adanya sosialisasi ini tidak hanya mengerti aturannya saja, tetapi siswa harus bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka menjadi warga yang sadar hukum khususnya tentang peraturan berlalu lintas, harapnya. 

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro