Recent comments

  • Breaking News

    TK Negeri Pembina Kecamatan Bika Lakukan Pembelajaran Dengan Media Alam

    Pembelajaran dengan pendekatan saintifik.
    Kapuas Hulu, [uncak.com] - Dalam membantu para anak didik khususnya anak usia dini, TK Negeri Pembina Kecamatan Bika melakukan beberapa metode pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media alam baik lingkungan alam maupun lingkungan buatan.

    Lingkungan alam adalah segala sesuatu yang sifatnya alamiah seperti keadaan geografis, iklim, suhu udara, flora dan fauna serta sumber daya alamnya. Sedangkan lingkungan buatan adalah lingkungan yang sengaja diciptakan atau dibuat manusia untuk tujuan tertentu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

    Adapun tujuan pembelajaran ini adalah untuk mendekatkan anak-anak dengan lingkungan, mempermudah pemahaman materi dengan melihat realita sesungguhnya, kata Claudy Cory salah satu guru TK Negeri Pembina Kecamatan Bika.

    "Kegiatan ini, selain sebagai proses pembelajaran bagi anak juga sebagai media komunikasi atau interaksi anak dengan lingkungan sekitar, sebab betapa pentingnya pengaruh alam terhadap perkembangan peserta didik," ungkapnya.

    Selain itu tambah Cory, pembelajaran seperti ini sangat inspiratif dan menarik khususnya bagi anak-anak, mereka bisa langsung menyentuh denga lingkungannya walaupun beberapa sekolah berada dipelosok tapi alam merupakan salah satu media yang bisa kita gunakan.

    "Dalam pembelajaran PAUD, kegiatan ini kita namakan pendekatan saintifik. Jadi harus anak yang aktif dimana anak bisa menjelajah atau mencari tahu dengan cara 5M, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan," terangnya.

    Sebab, anak usia dini selain aktif rasa ingin tahu mereka sangat tinggi terhadap hal-hal dilingkungan sekitar mereka. Maka kita dari pihak sekolah mengambil tempat lingkungan sekitar sekolah yang ada seperti sawah dan kebun. "Tidak juga rutin kita lakukan kegiatan seperti ini tergantung juga dari tema pembelajaran di sekolah yaitu tema tentang tanaman," jelasnya.

    Saya juga berharap kegiatan seperti ini bisa diterapkan disekolah-sekolah lainnya sehingga dapat membantu menumbuh kembangkan memory si anak serta untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang positif bagi anak, sebab lingkungan sangat penting pengaruhnya bagi tumbuh kembang anak dalam pembelajarannya, harapnya.

    "Bekerjalah dengan hati dan guru harus bisa menjadi idola anak-anak," pungkasnya. 

    [Amrin]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad