Recent comments

  • Breaking News

    Aliran Parit Tersumbat, Air Genangi Jalan Lintas Selatan Putussibau – Kalis


    Kondisi jalan lintas selatan yang selalu digegenangi banjir.
    Kapuas Hulu, [Uncak.com] – Air yang selalu menggenangi Jalan Raya Lintas Selatan dari Putussibau menuju Kalis, diduga akibat saluran parit yang mengalami penyumbatan sehingga air tidak bisa keluar. Pasalnya, setiap musim hujan kawasan tersebut selalu terjadi banjir.

    Dari pantauan wartawan uncak.com, bahwa ada beberapa titik badan jalan ketika musim hujan selalu digenangi air. Bahkan ada satu titik tepat dekat batas antara kawasan Kecamatan Kalis dengan Kecamatan Putussibau Selatan, jika terendam ketinggian airnya bisa mencapai kurang lebih 30 – 40 cm.

    Hal ini tentu sangat mengganggu warga yang melintasi jalan tersebut baik kendaraan roda dua maupun empat. Sebab, jalan tersebut merupakan salah satu akses dari berbagai kecamatan bahkan Kabupaten lain dan Provinsi menuju pusat kota Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu.

    Bahkan sering juga bagi kendaraan roda dua mesinnya mati atau tersendat-sendat karena masuk air. Tentu ini kurangnya perhatian dan terkesan dibiarkan oleh pemerintah daerah khususnya dinas terkait dalam menangani kondisi jalan tersebut.

    Kami melihat dan telusuri, genangan air ini disebabkan karena pada pengerjaan jalan tahun lalu pengerukan paritnya tidak sampai pada sungai Sampak Kecamatan Kalis, sehingga ketika air tergenang tidak bisa keluar ke sungai.

    Kalau pengerukan paritnya dikerjakan langsung menuju sungai sampak tersebut, tentu air tidak akan tersumbat atau tergenang dan bisa langsung keluar ke sungai. Sebab kita ketahui, baru dalam setahun ini ketika air menggenangi jalan tersebut bisa 3-4 hari baru bisa kering jalannya, tetapi air pada parit dan lahan warga tetap digenangi air.

    Hal ini tentu perlu penanganan yang serius dari Pemkab Kapuas Hulu agar jalan tersebut tidak mudah banjir. Sebab, hal ini juga sangat mempaengaruhi kondisi jalan menjadi mudah rusak ditambah lagi kontur tanahnya yang bergambut. 

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro