Recent comments

  • Breaking News

    Perlu Adanya Pengembangan Produk Unggulan Bagi Masyarakat di Dalam Kawasan TNBKDS

    Arief Mahmud, Kepala Balai Besar TNBKDS Kabupaten Kapuas hulu
    Kapuas Hulu, [Uncak.com] - Kabupaten Kapuas Hulu merupakan Kabupaten Konservasi, hal ini tidak terlepas dari keberadaan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) seluas 816.693,40 Ha dan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) seluas 127.393,4 Ha yang keseluruhan wilayahnya berada di Kabupaten Kapuas Hulu. 

    “Berbagai kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang tinggi baik tumbuhan maupun satwa dapat ditemukan di kawasan TNBK dan TNDS tersebut,” kata Ir.Arief Mahmud,M.Si, Kepala Balai Besar TNBKDS Kabupaten Kapuas Hulu.

    Selain itu, terdapat masyarakat yang hidup dan tinggal baik di dalam maupun di sekitar kawasan yang selama ini sebagian besar masih menggantungkan kehidupan ekonominya pada keberadaan dua kawasan taman nasional ini, tuturnya.

    “Terdata ada 11 (sebelas) desa defenitif di sekitar TNBK dimana 2 (dua) diantaranya di dalam kawasan yaitu Desa Bungan Jaya dan Desa Tanjung Lokang, Kecamatan Putussibau Selatan, jelas Arief.

    Sementara itu untuk TNDS terdata sebanyak 15 (lima belas) desa defenitif di sekitar kawasan dimana 12 (dua belas) diantaranya berada di dalam kawasan TNDS dengan jumlah penduduk saat ini kurang lebih 10 ribu jiwa, berdasarkan dari data BPS tahun 2015, jelasnya.

    Oleh karena itu, kita melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemda Kabupaten Kapuas Hulu serta dinas terkait seperti Dinas Perkebunan dan Kehutanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perikanan serta WWF, Riak Bumi dan KOMPAKH yang merupakan NGO mitra kita untuk bersama-sama memberikan program prioritas terhadap masyarakat yang berada didalam kedua kawasan TNBKDS, ungkapnya.

    “Kita bersama dinas terkait serta mitra kita memberikan program dan perencanaan kepada masyarakat di dalam dan sekitar TNBKDS dalam pengembangan produk unggulan mereka di sektor perkebunan, perikanan dan pariwisata guna peningkatan taraf ekonomi masyarakatnya,” ujar Arief.

    Banyak sumber alam yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Maka dari itu saya mengharapkan kepada organisasi atau kelompok masyarakat agar bisa menciptakan produk-produk unggulannya, sehingga dapat berguna dalam mengembangkan hasil produk kelompoknya agar kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai dengan berkesinambungan, harapnya. 

    [Amrin]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak