Recent comments

  • Breaking News

    Pasca Longsor, Ruas Jalan Desa Segitak dan Kelibang Sudah Bisa Dilalui

    Saat mengevakuasi timbunan tanah dengan alat berat.

    Kapuas Hulu, [Uncak.com] - Ruas jalan Desa Segitak dan Desa Kelibang Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu yang tertimbun tanah akibat longsoran tebing hingga menutupi akses jalan dan membuat masyarakat di kedua desa tersebut terisolir yang terjadi pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2017 lalu, namun kini telah di evakuasi dan sudah bisa dilalui kembali seperti sedia kala pada keesokan harinya, kata Yusuf Basuki kepada media ini, Selasa (24/1/17).

    Evakuasi dilakukan oleh tim dari Kabupaten Kapuas Hulu, Koramil 1206-13/Bunut Hulu, Polsek Bunut Hulu serta masyarakat setempat. Tim dari kabupaten yakni anggota dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kapuas Hulu, jelas Yusuf.

    Sedangkan dari Komando Rayon Militer ( Koramil)  1206-13/Bunut Hulu yaitu Komandan Koramil (Danramil) Kapten Inf. Ucok Saputra dan anggotanya. Sebelumnya Ucok mendapatkan informasi dari masyarakat, bahwa telah terjadi tanah longsor yang menutup jalan kedesa segitak dan desa kelibang, informasi ini juga masyarakat dapatkan dari media online www.uncak.com yang memberitakan kejadian ini. 

    Ucok pun langsung mendatang lokasi tersebut, setelah itu dia berkoordinasi dengan Camat Bunut Hulu agar segera membantu masyarakat, sebab jalan tersebut merupakan akses satu-satunya bagi  masyarakat di kedua desa itu, katanya.

    Anggota Koramil Bunut Hulu beserta warga bahu membahu mengevakuasi kendaraan yang akan melintas.
    Sementara dari Kapolsek Bunut Hulu, IPDA.Ruslan Abdul Gani beserta anggotanya ikut meninjau ke lokasi pada saat evakuasi berlangsung, tandas Yusuf.

    Lebih lanjut Yusuf mengatakan bahwa, pada saat longsor terjadi, keesokan harinya dia langsung menemui Tim dari kabupaten untuk meminta bantuan dalam meng evakuasi longsor tersebut. Tim kabupaten pun langsung merespon dan langsung turun ke lokasi bersama-sama dengan dia, dan ditambah lagi dengan adanya koramil 1206-13/Bunut Hulu ini masyarakat sangat merasa terbantu, karena selalu bahu-membahu bersama masyarakat setempat melakukan kerjasama dalam hal apapun, terang Yusuf.

    Dijelaskannya, evakuasi ini menggunakan exskavator dengan memakai dana talangan dari pihak ketiga. Pihak ketiga yang dimaksud dalam hal ini ialah salah satu anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu dari partai Golkar, jelasnya.

    Tim kabupaten menyarankan kepada Yusuf agar segera membuat dan mengirimkan proposal kepada dinas terkait untuk meminta bantuan dana evakuasi agar dana talangan tersebut dapat segera diganti, ungkapnya. [ Noto ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak