Recent comments

  • Breaking News

    Poktan Desa Nanga Semangut Galakkan Budidaya Tanaman Kopi “Robusta”

    Poktan "Tani Sopan Jaya" Desa Nanga Semangut Kecamatan Bunut Hulu siap budidayakan tanaman kopi "Robusta"
    Kapuas Hulu, [uncak.com] - Kopi adalah komoditas hasil perkebunan yang paling populer, sebab kopi banyak diminati oleh semua kalangan, baik orang tua, anak muda hingga wanita, tentu dalam bentuk minum kopi.

    Kenikmatan aroma dan rasa khas kopi menjadi alasan utama mengapa minum kopi begitu banyak peminatnya dan seakan tidak ada matinya. Inilah yang membuat peluang budidaya kopi merupakan agribisnis menjanjikan.

    Seperti halnya yang dilakukan oleh Kelompok Tani Sopan Jaya Desa Nanga Semangut Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu, yang telah menggalakkan budidaya tanaman kopi, kata Zaini, Kepala Desa Nanga Semangut kepada Media ini, Senin (27/2/17).

    Lebih lanjut Zaini mengatakan, bahwa tanaman kopi yang akan di budidayakan oleh Kelompok Tani di desanya ini ialah kopi jenis Robusta. "Kami sudah menyiapkan bibit sebanyak 2.000 pokok dan lahan seluas 4 (empat) hektare,"  tuturnya.

    Hingga saat ini memang belum ada bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kapuas Hulu maupun dari Dinas terkait terutama dibidang perkebunan kopi dan lain-lain, namun bantuan bibit kopi ini didapatkan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sampan Kalimantan. "Hanya mereka yang peduli dengan perkebunan didesa Nanga Semangut," ujarnya.

    Meskipun belum ada bantuan dari Pemerintah Daerah,  Zaini berharap kepada Dinas terkait agar dapat mendukung dan memfasilitasi para Kelompok Tani yang ada didesanya kedepannya, sehingga dengan adanya komoditas tanaman kopi ini serta adanya perhatian dari pemerintah bisa membantu kesejahteraan ekonomi bagi kehidupan petani didesa yang dipimpinnya, harapnya.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak