Recent comments

  • Breaking News

    Petani Minta Perbaiki Irigasi Yang Rusak di Dusun Sungai Rusa

    Masyarakat Dan Petani Dusun Sungai Rusa Bergotong Royong Perbaiki Irigasi yang Rusak Dengan Peralatan Seadanya

    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Jaringan irigasi yang terletak di Dusun Sungai Rusa Desa Nanga Lot Kecamatan Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu mengalami kerusakan sejak lebih kurang dua tahun lalu, kata Niko, salah satu petani warga Dusun Sungai Rusa kepada Wartawan Uncak.com, Kamis (30/3/17).

    Dijelaskan Niko, bahwa akibat dari kerusakan tersebut petani menjadi kesulitan mendapatkan air untuk mengairi sawahnya, padahal rata-rata mata pencaharian warga adalah bertani. "Segala kebutuhan hidup termasuk biaya pendidikan digantungkan dari hasil pertanian," jelasnya.

    Sawah yang aliran airnya bersumber dari irigasi tersebut luasnya sekitar 30 hektare, sehingga sawah-sawah yang paling ujung tidak dapat teraliri air sehingga kekeringan dan selama itu pula hasil panen petani merosot, tuturnya.

    Lebih lanjut Niko mengatakan bahwa petani sudah sangat sering bergotong-royong memperbaiki irigasi tersebut dengan alat dan bahan seadanya, namun tidak dapat bertahan lama karena bahannya tidak permanen.

    "Untuk pertengahan tahun ini diperkirakan banyak lahan yang akan menganggur karena  kekeringan, sudah pasti berdampak pada ekonomi masyarakat petani khususnya," tambahnya.

    Melalui Media ini, warga Dusun Sungai Rusa berharap kepada Dinas terkait agar bisa segera memperbaiki saluran irigasi yang rusak tersebut. Dinas terkait jangan melalaikan, apalagi irigasi adalah bagian dari program unggulan Pemerintah Pusat saat ini, harapnya.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro