Recent comments

  • Breaking News

    Tenunan Kain Songket dan Sal Asli Bansa Iban Sungai Antu

    Kain Songket dan Sal dengan ciri khas motifnya, yang merupakan asli motif dari Suku (Bansa) Iban Sungai Antu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com – Negara Indonesia merupakan bangsa yang Bhineka Tunggal Ika, yang berarti memiliki beraneka ragam suku, agama dan budaya. Salah satunya Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat yang memiliki beberapa suku didalamnya, tentu juga seni dan budayanya beragam.

    Seperti salah satu suku Iban di Kapuas Hulu yang memiliki ciri khas pakaian adatnya yaitu kain tenun Songket dan Sal yang merupakan motif Bansa (suku) Iban asli Puring Kencana, yang dibuat oleh ibu Suri dan Lenta yang berasal dari Desa Sungai Antu Kecamatan Puring Kencana Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

    Saat kami dari media Uncak berkunjung ke rumah Ibu Suri dan Lenta untuk melihat langsung hasil tenunan karya tangan mereka, kami melihat ada corak tersenditi dari kain songket dan sal tersebut, yaitu dengan bermotif buah berwarna merah cerah. Kedua jenis kain tenunan ini juga masih dibuat secara manual (Handmade) oleh kedua ibu tersebut.

    Biasanya kain tenun songket yang lebar akan dibuat menjadi baju adat, taplak meja, gaun motif adat, selendang dan lain-lain yang sangat indah corak dan ukirannya. Semoga Kain Tenun ini terus dikenal oleh seluruh pelosok Nusantara agar seluruh negeri mengenal hasil buah karya tangan corak seni budaya Bansa Iban khususnya dari Desa Sungai Antu.

    Seluruh Warga Desa Sungai Antu berharap dalam memproduksi tenunan kain motif Iban asli ini akan mendapatkan dukungan dari pemerintah baik berupa bantuan untuk alat maupun promosi ke wilayah luar serta peran media juga sangat diharapkan.

    Mereka juga sangat berterima kasih kepada media Uncak yang telah hadir di Kapuas Hulu guna memberikan informasi serta mempromosikan khususnya budaya yang ada di Kapuas Hulu sehingga bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat kita dan daerah luar.

    Selain itu, masih banyak lagi jenis tenunan yang belum sempat kami ekspos karena terkendala acces internet sebelummnya, namun saat ini Desa Sungai Antu Kecamatan Puring Kencana terpilih menjadi Desa Internet, sehingga masyarakat khususnya diperbatasan bisa mengexploitasi dan menampilkan keanekaragaman budaya yang ada.  [Red./Vita]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak