Recent comments

  • Breaking News

    Panen Ikan Perdana di Danau Baru Desa Nanga Embaloh

    Tim Panen saat mengangkat jaring atau pukat jermal.
    PUTUSSIBAU, Uncak.com – Warga Desa Nanga Embaloh Kecamatan Embaloh Hilir Kabupaten Kapuas Hulu menggelar panen ikan perdana di Danau Baru Desa Nanga Embaloh, Kamis (4/5/17), yang dimulai dari pukul 07.00 – 14.30 WIB. 

    Pada panen perdana tersebut diikuti kurang lebih 100 orang masyarakat desa Nanga Embaloh beserta beberapa perangkat desanya, dari anggota Polsek Kecamatan Embaloh Hilir guna pengamanan dan monitoring serta 13 orang dari Desa Tembang Kecamatan Bunut Hilir.

    “Ketiga belas warga Tembang tersebut sengaja kita datangkan untuk membantu kami dalam memanen ikan di danau,” kata Burhanuddin, Kepala Desa Nanga Embaloh Kecamatan Embaloh Hilir.

    Pada tahun 2016 lalu, kita pernah melakukan panen ikan seperti ini, namun hasilnya belum memuaskan yang dikarenakan kami belum berpengalaman cara memanen ikan menggunakan jaring besar di danau yang biasa disebut pukat jermal, ungkap Aan akrap sapaannya.

    Dengan bantuan kawan-kawan nelayan dari tembang yang memang sudah berpengalaman dan terlatih, Alhamdulillah panen ikan yang kita laksanakan hasilnya sangat memuaskan. “Terima kasih telah menngajari dan membantu kami dalam memanen ikannya,” ucapnya.
    Hasil tangkapan berupa ikan Tukan dari tim panen di Danau Baru.
    Lebih lanjut Aan menjelaskan bahwa dalam kegiatan panen ikan tersebut ada beberapa tahapan yang harus kami dilakukan, diantaranya tim panen ikan harus sudah memasang pukat jermal di danau Baru terlebih dahulu pada pukul 04.00 WIB dini hari, kemudian pada pukul 07.00 WIB tim panen baru melakukan pengangkatan pukat jermal untuk mengambil hasil tangkapannya dan langsung dimasukkan kedalam perahu, jelas Aan.

    Dari hasil panen tersebut jumlah yang didapat sebanyak 4 ton ikan Tukan. “Kita fokus panen perdana ini pada jenis ikan Tukan dan hasil panen tersebut langsung kita jual kepada penampung ikan yang sudah terdaftar pada panitia panen dengan harga Rp13 ribu per kilogram,” tuturnya.

    Kita ketahui, Desa Nanga Embaloh Kecamatan Embaloh Hilir mempunyai tiga buah danau yang berpotensi, yaitu Danau Bungkang, Danau Perantu dan Danau Baru yang saat ini masih terus kita lindungi kelestariannya. Sebab ini merupakan sumber serta aset bagi Desa Nanga Embaloh, terangnya.

    Mudah-mudahan tahun depan kita bisa laksanakan lagi panen seperti ini dan kami dari pihak desa berencana akan mengundang bapak Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu untuk lakukan panen raya di Danau Baru ini, ungkapnya. [Red]

    Jurnalisme Warga : (Wana)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak