Recent comments

  • Breaking News

    Guna Mempererat Silaturrahmi, Komunitas Gasing Kedamin Hilir Gelar Lomba Pangkak Gasing

    Hairudin, Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu sekaligus penyelenggara turnamen Pangkak Gasing, saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang, Jum'at (9/6/17).
    Suasana pertandingan pangkak gasing yang disaksikan oleh masyarakat untuk menonton, dihalaman Masjid Darussalam Kedamin Hilir.
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Untuk meningkatkan  keimanan dan  membangun Ukhuwah Islamiyah serta memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah melalui Olahraga, Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Kapuas Hulu bersama Komunitas Gasing Kedamin Hilir menyelenggarakan pertandingan (Turnamen)  Pangkak Gasing di halaman Masjid Darussalam, Kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan Kapuas Hulu.

    Pertandingan pangkak gasing tersebut dimulai dari tanggal 3 Juni 2017 dan berakhir pada tanggal 9 Juni 2017 yang diikuti kurang lebih 80 peserta.

    "Selain memberikan nuansa kemeriahan atau hiburan bagi peminat Gasing, juga untuk membangun nilai-nilai persaudaraan (Ukhuwah Islamiyah) dan Keimanan khusususnya pada generasi muda," ujar Hairudin, S.Pd, penanggung jawab dalam kegiatan tersebut yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu sekaligus sebagai Ketua PAN Kapuas Hulu, usai penutupan pertandingan, Jum’at malam (9/6/17).

    Selain itu, permainan Gasing ini sudah lama tidak muncul, mungkin hampir punah karena ditelan zaman, dan kini mulai muncul lagi. "Tentunya ada kerinduan bagi generasi yang hidup pada era terdahulu, sehingga di era sekarang kembali dilestarikan dan berharap semoga permainan Gasing ini semakin berkembang di masyarakat serta dapat dilestarikan kembali," harapnya.

    Sementara itu Hambali, selaku ketua pelaksana pertandingan, mengatakan bahwa kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh seluruh Pemuda Masjid Darussalam. "Seluruh Pemuda Masjid Darussalam yang menyediakan hadiah," tutur Hambali.

    Dijelaskan Hambali,  hadiah tersebut diantaranya berupa satu set Pakaian Shalat dan Uang tunai. "Dana ini bersumber dari sumbangan pribadi Bapak Khairudin serta beberapa Donatur lainnya," jelasnya.

    Menurut Hambali, perkembangan peminat permainan olahraga tradisional Gasing di Kapuas Hulu, khususnya di Kota Putussibau, sangat pesat dan meningkat cukup signifikan, sebab permainan ini sangat sederhana dan ekonomis, pungkasnya.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro