Recent comments

  • Breaking News

    Kebakaran di Sibau Hilir Diduga Akibat Arus Pendek Listrik

    Iwan : Awal Mula Api Tampak Dari Atas Atap Rumah
    Sijago Merah saat membakar rumah Gustami (41) di Jalan Lintas Utara Desa Sibau Hilir.
    PUTUSSIBAU, Uncak.com – Kebakaran yang terjadi pada Senin (5/6/17) sekitar pukul 08.00 WIB, yang menghanguskan satu buah rumah milik Gustami (41) di Jalan Lintas Utara, Rt.08/Rw.03 Desa Sibau Hilir, Kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu, diduga akibat arus pendek listrik.

    Iwan (39) saksi mata yang juga tetangga korban menuturkan kalau awal mula dirinya melihat ada api dari atas atap rumah Gustami. Karena melihat ada api diatap rumahnya, Iwan langsung berlari menuju rumah korban sambil berteriak ada api diatap rumahnya.

    “Saya berlari menuju rumah korban sambil teriak kalau ada api diatap rumahnya. Ada juga dari warga yang lewat langsung berhenti memberitahukan pemilik rumah kalau ada api,” kata Iwan kepada Wartawan Uncak.com, Senin.

    Sepertinya pemilik rumah tidak tahu kalau ada api yang sudah membakar dari atas atap rumahnya, sebab saya melihat Gustami lagi sibuk mengemas barang didalam dan istrinya lagi sedang mengemas minyak bensin untuk dijual, jelasnya.

    Melihat api sudah membesar beberapa warga yang lewat dan tetangga membantu mengemas barang dagangan dan barang lainnya didalam rumah untuk diselamatkan, ada juga yang berusaha menyiram menggunakan peralatan seadanya, karena mobil pemadam kebakaran belum datang yang disebabkan jarak yang cukup jauh serta keterlambatan informasi kepada petugas, terang Iwan.
    Saat petugas pemadam kebakaran dari Sat Pol PP Kapuas Hulu dan Polres Kapuas Hulu berusaha memadamkan api
    Dari pantauan media ini, api dengan cepat membakar rumah Gustami. Sekitar hampir satu jam api melalap seluruh rumah, baru dua unit mobil Damkar Sat Pol PP  dan satu unit mobil Water Canon milik Polres Kapuas Hulu datang untuk memadamkan api yang masih menyala hingga padam.

    Gustami (41) yang berprofesi sebagai pengerajin meubel dan membuka toko sembako serta kios BBM kecil-kecilan dirumahnya tidak tahu kalau ada api dari atas atap rumahnya. Karena saya masih mengemas barang didalam rumah dan istri saya masih mengemas minyak bensin untuk dijual, tuturnya.

    “Setelah Iwan tetangga di depan rumah saya datang sambil berteriak serta warga yang lewat memberitahukan kalau rumah saya terbakar, baru saya tahu kalau api sudah melahap bagian atap rumah saya,” jelasnya.

    Kemudian saya bersama beberapa tetangga dan warga yang lewat membantu mengeluarkan barang-barang yang bisa diselatkan, ungkap Gustami singkat.

    Saat ditemui di lokasi kejadian, Polres Kapuas Hulu melalui Kapolsek Putussibau Utara IPTU Salmansyah mengatakan bahwa penyebab kebakaran sementara diduga akibat kansleting arus pendek listrik. Dugaan tersebut dikarenakan dari beberapa keterangan saksi yang melihat awal api dari atas atap rumah, yang mana juga merupakan tempat jalur tali serta arus listrik bertegangan tinggi.

    Rumah yang berukuran luasnya sekitar 7 x 20 meter persegi ini habis dilalap sijago merah. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan diperkirakan kerugian sekitar Rp500 juta. “Sampai sejauh ini kami masih melakukan penyelidikan terhadap penyebab pasti kebakaran rumah Gustami ini,” pungkas Salman.  [Amr]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak