Recent comments

  • Breaking News

    Libur Lebaran, Wisatawan Padati Danau Sentarum


    Panorama Danau Sentarum tampak dari Bukit Tekenang.
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Momentum libur Lebaran dimanfaatkan wisatatawan Domestik, khususnya Wisatawan dari Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sintang untuk berwisata di Danau Sentarum Kecamatan Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu.

    Kali ini yang menjadi salah satu Primadona objek ekoturisme, yakni Resort Wisata Tekenang. Dimana sejak hari pertama Lebaran, wisatawan memadati Kawasan tersebut.

    "Mereka berbondong-bondong mendaki Bukit Tekenang untuk melihat view Danau Sentarum secara utuh dari atas Menara pengawas di puncak Bukit Tekenang, sebab jika dilihat dari atas Menara tersebut, maka Pemandangan yang eksotis Danau Sentarum dengan gugusan pulau-pulau kecilnya sangat terlihat jelas," ujar M.Reka Permana, Kasi Wilayah VI TNBKDS, Selasa (27/6/17).

    Dijelaskannya bahwa dihari pertama Lebaran, total pengunjung mencapai 922 orang, terdiri dari 314 orang pengunjung rombongan dan 608 orang pengunjung non rombongan. Hal ini mengalalami lonjakan yang signifikan dibanding tahun lalu, yakni sekitar 315,75%, serta peningkatan jumlah pengunjung diprediksi akan terus bertambah seiring masih tersisanya libur Lebaran.

    Khusus mengenai harga tiket, untuk pengunjung non rombongan sebesar Rp7.500, sedangkan untuk pengunjung rombongan sebesar Rp4.500.

    "Sebagian besar pengunjung pada hari pertama Lebaran didominasi oleh wisatawan dari daerah sekitar Danau Sentarum, namun dihari kedua dan seterusnya, akan didominasi oleh wisatawan dari daerah yang lebih jauh, seperti dari Pontianak, Sekadau, Sintang,Putussibau, Badau dan lain-lain," jelas Reka Permana.

    Adapun untuk pencegahan dan penanggulangan sampah,  pihak panitia menambah jumlah tong sampah dan memberi pengarahan, serta memberikan sarana berupa Kantong kepada pengunjung agar sampah sisa pendakian dibawa turun kembali untuk dibuang pada tempatnya. "Kami juga melarang penjualan Makanan dan Minuman ringan kemasan plastik," ungkapnya.
    Para wisatawan atau pengunjung yang berdatangan dan memadati obyek wisata Bukit Tekenang.
    Untuk kelancaran penjualan tiket lanjut Permana, dilakukan dengan membagi lokasi pembelian menjadi tiga titik, yakni didepan Kantor Resort, Gazebo menuju jalur pendakian dan dijalur pendakian. "Strategi dan kebijakan ini untuk meningkatkan kualitas layanan dan penekanan nilai edukasi wisata ramah lingkungan kepada pengunjung agar merasa nyaman, disisi lain supaya pengunjung juga dapat berperan langsung dalam pelestarian Danau Sentarum dengan pendekatan Zero-Waste Ecotourism," terangnya.

    Lebih lanjut Permana mengatakan bahwa, selaku pihak pengelola Resort wisata Tekenang, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) telah mempersiapkan beberapa strategi untuk mengatasi puncak kunjungan wisatawan tahun ini, terutama mengenai keselamatan pengunjung.

    "Jembatan Kayu menuju pendakian telah di renovasi. Tali pegangan pendakian dan Sarpras wisata lainnya, serta pengawasan juga telah dilakukan untuk meningkatkan keselamatan pengunjung," pungkasnya. 

    Sementara itu, Syahbudin, salah satu pengunjung yang hampir setiap tahun berwisata di Resort Wisata Tekenang, ketika diwawancarai, mengatakan bahwa tahun ini kualitas pelayanan mengalami peningkatan di Danau Sentarum.

    "saya rasa semua pengunjung pasti merasa puas, lelah pun pastinya terbayarkan dengan suguhan indahnya pemandangan Danau Sentarum, serta peningkatan kualitas pelayanannya," ujar Syahbudin.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak