Recent comments

  • Breaking News

    Usai Hadiri Hajatan, 37 Orang Warga Desa Nanga Temenang Keracunan Makanan

    Beberapa korban keracunan makanan ketika berada di Puskesmas Kecamatan Jongkong.
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Sebanyak 37 orang warga Desa Nanga Temenang Kecamatan Jongkong Kabupaten Kapuas Hulu diduga mengalami keracunan makanan jenis nasi lontong usai menghadiri hajatan di salah satu rumah warga setempat, Rabu sore (28/6/2017) pukul 15.30 WIB.

    Kemudian sekitar pukul 22.30 WIB, warga yang telah memakan makanan dalam acara hajatan tersebut mengalami muntah-muntah. Ketika mengetahui banyak warga yang diduga mengalami keracunan, warga setempat lainnya langsung membawa korban ke Puskesmas Kecamatan Jongkong.

    "37 orang yang diduga keracunan makanan tersebut dirawat dengan menggunakan Infus di Puskesmas Jongkong, namun mereka dirawat hanya sekitar 15 jam saja. Setelah dinyatakan sudah sehat kembali oleh pihak Puskesmas, akhirnya mereka dibolehkan pulang ke rumahnya masing-masing," ujar Abdul Hadi, Kepala Desa Nanga Temenang, Jumat (30/6/2017).

    Ditambahkan Abdul Hadi, setelah kejadian tersebut, pihak dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu beserta anggota Kepolisian langsung turun ke TKP untuk mengambil sample sisa makanan yang dimakan oleh korban.

    Selang dua hari usai  kejadian tersebut, yakni hari Jum’at lanjut Abdul Hadi, baik dari Korban maupun tuan rumah yang mengadakan hajatan, serta tukang masak, Kepala Dusun dan termasuk dirinya selaku Kepala Desa dipanggil ke Polres Kapuas Hulu untuk dimintai keterangan oleh Kepolisian.

    "Tentunya kami akan memberikan keterangan sesuai dengan apa yang sebenarnya telah terjadi, saya tidak menyangka ini bisa terjadi, menurut saya ini murni musibah," pungkasnya.

    Sementara itu, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi, SIK.MH, membenarkan adanya kejadian ini. "Sebanyak 37 orang yang diduga keracunan makanan dan dibawa ke Puskesmas Jongkong, kemudian pihak Puskesmas Jongkong langsung memberikan perawatan dengan memasang Infus kepada pasien, namun sekarang pasien sudah kembali ke rumahnya masing-masing," terangnya, Jumat.

    Lebih lanjut Imam mengatakan, bahwa pihak Puskesmas Jongkong juga sudah mengambil Sampel makanan dari Polsek Jongkong untuk kepentingan penelitian lebih lanjut di Balai POM Pontianak.

    Adapun bahan-bahan makanan yang telah diambil Sampelnya dan sudah diamankan di Polsek Jongkong karena diduga menjadi penyebab keracunan tersebut, yakni  Kacang, Bihun, Kuah, Sayuran, Kerupuk, Daging Ayam dan Air Mineral merk HOKI 889, ungkap Kapolres.  [Noto/Red]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad