Recent comments

  • Breaking News

    Penemuan Peti Mati (Lungun) Yang Sempat Gemparkan Warga Kedamin Hilir, Ternyata ...

    Peti Mati Tua (Lungun) yang bertuliskan KUMBANG, yang ditemukan warga saat menggali kolam ikan dibelakang rumahnya.
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Penemuan Peti Mati (Lungun) yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun silam yang sempat menghebohkan warga Jalan Tanjungpura Kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat dan sekitarnya beberapa hari lalu, ternyata pada Lungun itu ada tulisannya.

    Adapun tulisan pada Lungun tersebut yakni bertuliskan "KUMBANG". Menurut seorang warga pemilik tanah tempat ditemukannya Lungun tersebut yakni Aidah, mengatakan bahwa Lungun itu ditemukan memang dalam posisi terbuka dan terpisah antara bagian bawah dan penutupnya.

    "Penemuan Lungun itu berawal ketika para pekerja menggali tanah untuk membuat kolam yang rencananya untuk kolam Ikan Siluk (Arwana) di belakang rumah, kemudian mereka melihat ada bongkahan kayu Belian (Ulin)," ujarnya kepada Wartawan, Kamis (13/7/17).

    Selain tulisan nama, terdapat juga tulisan tahunnya yang berada pada bagian bawah atau kaki lungun tersebut. Namun tidak jelas juga tahun berapa karena sudah ratusan tahun terkubur didalam tanah.

    “Tetapi ada juga dari beberapa warga yang mengatakan kalau tulisan tahun tersebut adalah 1851,” ungkapnya.

    Aidah menuturkan bahwa dirinya tidak begitu tahu pasti asal usul dari tanah tempat tinggalnya tersebut, namun menurut informasi yang ia dengar dari warga sekitar bahwa tanah yang sekarang menjadi tempat tinggalnya ini dulunya adalah Kampung Taman (Nama salah satu Suku di Kapuas Hulu).

    "Rumah kami ini saja sudah berusia lebih kurang 100 tahun, berarti diperkirakan usia Lungun itu jauh lebih tua dari rumah kami ini," pungkasnya.

    Tulisan pada Lungun tersebut diduga adalah tulisan nama seseorang serta tahun meninggalnya, namun yang membuat warga sekitar merasa aneh dan bertanya-tanya bahwa mengapa Lungun tersebut bisa berada didaerah tersebut. Apakah daerah tersebut dulunya merupakan sebuah perkampungan salah satu kelompok suku yang ada di Kapuas Hulu,?? atau tempat pemakaman dulunya.

    Dari pantauan media Uncak.com sampai sejauh ini masih menjadi misteri dan perbincanagan warga, sebab perlu dipelajari kembali sejarah yang lalu tentang asal muasalnya baik dari wilayah kedamin dulunya serta suku-suku apa saja yang pernah berdomisili disitu, sehingga kita baru bisa memastikan kebenarannya.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak