Recent comments

  • Breaking News

    Sosialisasi dan Advokasi POPM Filariasis Serta Pencanangan GERMAS

    Sosialisasi dan Advokasi POPM Filarias serta Pencanangan GERMAS.
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu bekerjasama dengan Dinkes Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Sosialisasi dan Advokasi Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis serta Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Kapuas Hulu, bertempat di Rumah Majelis Adat Budaya Melayu (MABM), Jalan Budaya, Kelurahan Kedamin Hulu, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (25/7/2017).

    Kegiatan ini mengusung tema "Masyarakat Hidup Sehat Indonesia Kuat", dibuka oleh Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir, S.H, dihadiri oleh unsur Forkopimda, sejumlah Kepala SKPD jajaran Pemkab Kapuas Hulu, Kepala Dinkes Provinsi Kalbar, seluruh Camat dan Kepala Puskesmas se-Kapuas Hulu, Organisasi Wanita, MABM, DAD, Perwakilan SMA se-Kecamatan Putussibau Utara dan Perwakilan SMP se-Kecamatan Putussibau Utara dan Selatan khusus dalam Kota.

    Dalam sambutannya, Abang Muhammad Nasir menyatakan bahwa kesehatan bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Pusat, Provinsi atau Kabubaten, melainkan tanggung jawab seluruh masyarakat, oleh sebab itu kita selaku masyarakat harus bisa menjaga kesehatan, mulai dari diri kita keluarga, masyarakat dan lingkungan sekitar, ujarnya.

    Nasir berharap, melalui sosialisasi ini semoga yang hadir disini minimal dapat menyampaikannya kepada keluarga dan masyarakat sekitar akan pentingnya pencegahan terhadap penyakit, harapnya.
    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dr. Andi Jap, M.Kes, memaparkan bahwa Filariasis atau Penyakit Kaki Gajah merupakan penyakit Tropic yang disebabkan oleh nyamuk yang sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Kabupaten Kapuas Hulu.

    "Itu sebabnya kami mengadakan sosialisasi ini, dengan tujuan untuk mendorong cakupan pengobatan yang tinggi dan merata, sehingga rantai penularan Filariasis terhenti secara efektif," tuturnya.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu dr. H. Harisson, M.Kes, menyatakan agar masyarakat sadar dengan yang namanya hidup sehat. "Pola hidup sehat sangat perlu agar terhindar dari berbagai penyakit. Itu semua harus menjadi tanggung jawab diri sendiri, dimulai dari keluarga dan lingkungan," ungkapnya.

    Harisson menjelaskan bahwa saat ini masyarakat digerakkan untuk selalu makan buah dan sayur, harus rajin melakukan aktifitas fisik seperti berolah raga dan rajin memeriksakan diri ke petugas kesehatan. "Dengan rajin memeriksakan diri ke petugas kesehatan, maka apabila terdapat penyakit akan dapat terdeteksi secara dini. Jika sudah terdeteksi maka tindakan pengobatannya lebih mudah sehingga penyakit pasien dapat terkontrol dan bisa sembuh, pungkasnya.

    Adapun rangkaian acara dalam kegiatan ini, yakni sosialisasi Filariasi terkait persiapan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA)  pada bulan Oktober mendatang dan pencanangan GERMAS. Sedangkan nara sumber dalam kegiatan ini langsung dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Jakarta (Pusat).

    Kemudian dalam acara ini juga dilanjutkan dengan beberapa rangkaian kegiatan hingga usai, diantaranya pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) bagi yang mau periksa, Chiken Dance, Senam Cerdik, Kuiz dan pembagian Hadiah, makan buah, berbalas Pantun GERMAS, serta tarian dari Sanggar Jepin Melayu dengan tema tarian "Cuci Tangan Pakai Sabun".  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro