Recent comments

  • Breaking News

    Lestarikan Budaya, Polres Kapuas Hulu Adakan Lomba Gasing dan Sumpit

    Wabup dan Kapolres Kapuas Hulu saat membuka turnamen Gasing dan Sumpit, dalam rangka HUT RI Ke-72.
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Dalam rangka melestarikan budaya daerah yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu, Polres Kapuas Hulu mengadakan kegiatan lomba pangkak gasing dan sumpit untuk masyarakat Kapuas Hulu, bertempat di halaman Mapolres Kapuas Hulu, Jumat (25/8/17).

    Sebanyak 477 peserta yang ikut memeriahkan kegiatan tersebut berdatangan dari seluruh kecamatan yang ada di Kapuas Hulu. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L.Ain Pamero.

    Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi, SIK.,MH, mengatakan, dalam moment HUT RI ini kami ingin menumbuhkan rasa nasionalitas, mendekatkan diri dengan masyarat dari sisi budaya sebagai jati diri daerah khususnya Kapuas Hulu.

    "Dijaman yang sudah cangih ini kebanyakan kita terlena dengan kebudayaan modern, sehingga kita banyak lupa dengan budaya asli kita. Dengan adanya kegiatan yang kami selenggaran ini semoga dapat melestarikan budaya, dimana budaya sudah ada sejak dari kita dilahirkan sehingga harus dilestarikan. Sebab di Malaysia ada juga gasing dan sumpit, mirip dengan  budaya kita," ujar Imam.

    Iptek sangat mempengaruhi kamtibmas lanjut Imam, secara khusus Kapuas Hulu sekarang beda, begitu besar ancaman disintergrasi bangsa. Jadi kita mulai pupuk tali persaudaraan sehingga kita tidak mudah di pecah belah oleh hal-hal lain. "Tetap jaga kesatuan persatuan, demi kemakmuran masyarakat," kata Imam.

    Sementara itu, Wabup Kapuas Hulu, Antonius Pamero juga menyampaikan, dalam olah raga ada prestasi, pendidikan, olahraga khusus, olahraga rekreasi. Olahraga ini adalah olahraga tradisional bagian dari olahraga rekreasi. "Sumpit ini adalah olahraga asli masyarakat kita, dulunya untuk berburu. Demikian juga gasing, untuk melepas penat mengisi waktu luang. Olahraga ini perlu dipelihara agar tidak termakan zaman," terangnya.

    Dua budaya lokal sudah ditandingkan di Provinsi Kalbar. Untuk  pangkak gasing dalam festival seni budaya melayu Kalbar di singkawang, kapuas hulu jadi juara satu, yang bersangkutan adalah anggota polres kapuas hulu.

    Saat ini yang mengikuti perlombaan cukup antusias jumlah peserta khususnya pangkak gasing sebanyak 449 sedangkan peserta sumpit sebanyak  28 peserta.  [Titus]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad