Recent comments

  • Breaking News

    Pemilihan Anggota BPD di Desa Tajau Mada Berlangsung Demokrasi

    Suasana pemilihan anggota BPD Desa Tajau Mada Kec. Seberuang
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Pemilihan anggota Badan Permusyarawatan Desa (BPD) keterwakilan dari Dusun Hantau, Desa Tajau Mada, Kecamatan Seberuang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar periode 2017-2022 berlangsung secara demokrasi, bertempat di Kantor Desa Tajau Mada, Rabu (20/9/2017).

    "Sebanyak delapan (8) orang calon anggota BPD keterwakilan dari Dusun Hantau dipilih oleh warga masyarakat desa Tajau Mada secara demokrasi," ujar Fransiskus Ngadiman, Kepala Desa Tajau Mada, kepada uncak.com, Rabu.

    Dijelaskan Fransiskus, jauh sebelum dilakukan pemilihan anggota BPD ini, terlebih dahulu pihaknya mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk membentuk panitia pemilihan.

    "Panitia berjumlah 11 orang, terdiri dari perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pendidikan dan tokoh pemuda. Setelah mereka terpilih menjadi panitia, kemudian pihak desa memberikan pembekalan singkat, agar setidaknya dapat memahami tahap-tahap dari proses pemilihan tersebut, mulai dari tahap penjaringan, seleksi administrasi dan lain-lain," jelasnya.

    Menurut Fransiskus, tahap-tahap yang telah dilalui hingga ke proses pemilihan ini, dianggap sudah memenuhi syarat dan sesuai dengan aturan yang berlaku. "Jika mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 110, maka proses pemilihan ini betul-betul sudah sesuai dengan aturan yang berlaku," ungkapnya.

    Mulai tahun ini dan seterusnya lanjut Fransiskus, selaku Kepala Desa, dirinya akan terus berusaha untuk mengikuti aturan yang berlaku dari pemerintah, khususnya dalam pemilihan BPD. "Apabila pemilihan hari ini ada terdapat kekeliruan, saya mewakili panitia dan pemerintahan desa meminta maaf atas kekurangan, serta keterbatasan yang kami miliki," terangnya.

    Kades Tajau Mada F. Ngadiman
    Lebih lanjut Fransiskus mengatakan, bahwa dirinya sangat berterimakasih dan mengapresiasi dukungan dari seluruh warga masyarakat desa Tajau Mada atas partisipasinya dalam memberikan hak pilih. "Saya sangat bangga dengan warga masyarakat  desa Tajau Mada, karena keterlibatan dan partisipasinya sangat tinggi, artinya kesadaran masyarakat sudah mulai terbangun," pungkasnya.

    Fransiskus berharap kepada BPD yang baru terpilih agar bisa memaksimalkan kinerjanya sesuai dengan aturan yang ada, serta dapat bekerjasama yang baik dengan pemerintahan desa kedepannya.

    "Tentunya masyarakat juga sangat berharap, dengan terpilihnya BPD yang baru ini, agar nantinya bisa menyampaikan aspirasi masyarakat, karena BPD ini, selain sebagai funsi pengawasan, juga sebagai wakil masyarakat dalam menyalurkan aspirasi kepada pemerintahan desa, supaya desa Tajau Mada, kedepannya bisa lebih baik dan lebih maju," harapnya.

    Sementara itu, ketua panitia penyelenggara, Yosep Abun mengucapkan terima kasih kepada BPD yang lama atas pengabdiannya selama menjabat. Abun berharap kepada BPD yang baru terpilih agar bekerja secara maksimal sesuai dengan keinginan masyarakat, ujarnya singkat.

    Hadir dalam acara tersebut, Iyyul, Camat Seberuang. Acara dimulai dari pukul 10.00 hingga17.00 WIB. Selama pemilihan, situasi dalam keadaan,aman, tertib dan terkendali.

    Jurnalisme Warga: [Petrus Aquary Tody]
    Editor: [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro