Recent comments

  • Breaking News

    Cara Jitu Kapolsek Bunut Hulu Hindari Roh Halus

    KAPUAS HULU, Uncak.com -  Kapolsek Bunut Hulu IPDA Sri kusworo beserta Kanit Binmas Aiptu Bardiono dan 3 (tiga) orang anggota Polsek lainnya bersama sejumlah warga masyarakat Dusun Melinau, Desa  Nanga Suruk, Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar, melakukan karya bakti dengan membuat tempat untuk mencuci anggota badan di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Jumat (6/10/ 2017).

    "Pembuatan tempat cuci anggota badan di TPU Dusun Melinau ini bertujuan untuk  membersihkan diri agar terhindar dari roh halus. Baik membersihkan diri dengan mencuci tangan, kaki serta wajah maupun anggota tubuh lainnya pada saat sebelum dan setelah ziarah. Dimana banyak saran dan pendapat dari warga masyarakat khususnya Dusun Melinau dan beberapa masyarakat sekitarnya yang keluarganya sudah meninggal dan dimakamkan di TPU tersebut," ujar Kapolsek Bunut Hulu IPDA Sri Kusworo kepada uncak.com, Jumat.

    Dijelaskan Kusworo, berawal ketika dirinya melakukan Sambang Desa, lalu menemui salah satu tokoh masyarakat Suku Jawa yang sudah sejak lama tinggal dan menetap menjadi warga Dusun Melinau yakni saudara Gito. saat itu, Gito menyampaikan kepadanya tentang keluhan serta keinginan warga masyarakat Dusun terkait ziarah, bahwa saat datang dan pulang ziarah, tradisi atau adat maupun kebiasaan yang dilakukan adalah mencuci muka tangan dan kaki bahkan ada pula yang mandi. Sebab menurut tradisi yang diyakini warga setempat tujuannya agar tidak terkena sawan atau diikuti roh halus saat masuk kedalam rumah.

    "Sehubungan dengan hal tersebut, saya menyarankan kepada saudara Gito agar menggalang dana kepada warga untuk pembuatan tempat mencuci anggota badan di TPU tersebut," terang Kusworo.

    Saran dari Kapolsek tersebut langsung dilakukan oleh Gito. Dikatakan Gito, bahwa pembuatan tempat cuci anggota badan di TPU tersebut setelah mendapatkan dukungan dana dari masyarakat. "Selain berperan melalui saran atau ide, Kapolsek beserta tiga orang anggotanya juga ikut berperan serta dalam melakukan bhakti sosial atau gotong royong ini," ungkap Gito.

    Lebih lanjut Gito mengatakan, atas nama masyarakat Dusun Melinau, mengucapkan ribuan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kepedulian dan partisipasi Kapolsek Bunut Hulu beserta anggotanya karena telah membantu. "Beban kami terasa diringankan dengan kehadiran Kapolsek dan anggotanya," pungkasnya.

    Warga Dusun Melinau lanjut Gito memang sudah sejak lama  mendambakan adanya tempat mencuci anggota badan di TPU tersebut. "Kami berharap semoga Polsek Bunut Hulu selalu menjadi mitra  masyarakat dalam menghadapi semua permasalahan yang ada di masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Dusun Melinau," harapnya.
    Jurnalisme Warga: [Winarno]
    Editor: [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro