Recent comments

  • Breaking News

    Seluruh Polsek Jajaran Polres Kapuas Hulu Libatkan Remaja Masjid Amankan Natal

    Kapolsek Mentebah dan anggota bersama BKO Polres, Koramil dan remaja Masjid.

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Dalam rangka memupuk nilai toleransi kepada seluruh umat beragama di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, seluruh Polsek jajaran Polres Kapuas Hulu melibatkan remaja Masjid untuk mengamankan umat Kristiani dalam perayaan ibadah atau Misa Natal di gereja-gereja.

    Hal ini merupakan terobosan baru semenjak kepemimpinan Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi, S.IK, MH.

    Polsek Kalis, Koramil dan remaja Masjid siap amankan Natal.
    Selain melibatkan TNI dan instansi lainnya, dalam perayaan Natal kali ini, Kapolres juga melibatkan para pemuka multi agama dan berbagai tokoh serta remaja Masjid tentunya.

    Seperti halnya di Polsek Kalis telah dilaksanakan pengamanan ibadah malam Natal di gereja yang ada di Kecamatan Kalis. Tidak terkecuali pula di seluruh Polsek-Polsek jajaran Polres Kapuas Hulu lainnya.

    Pengamanan Natal tahun ini sangat berbeda dan sangat istimewa dari tahun-tahun sebelumnya, dimana disamping menurunkan anggota Kepolisian anggota TNI, anggota Satpol PP, juga hadir remaja Masjid dan tokoh-tokoh dari multi agama.

    "Itu merupakan wujud dalam menanamkan nilai toleransi bagi umat beragama agar kedepannya nilai toleransi dapat dijunjung tinggi oleh sesama umat beragama khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu," ujar AKBP Imam Riyadi, Senin (25/12).

    Sementara itu, khusus di Polsek Kalis, pengamanan ibadah Natal dilaksanakan di gereja St. Maria Kalis, GKMI Gloria Sampak Kalis, GKMI Tekudak, GPDI Tekudak dan gereja Santo Petrus Tekudak dengan menempatkan anggota disejumlah gereja dan sebagian melaksanakan Patroli mobiling.

    Adapun thema Natal 2017 yang diambil adalah sesuai yang ditentukan oleh PGI dengan Tema yakni "Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu' (Kolose 3:15).

    "Alhamdullilah secara keseluruhan pelaksanaan perayaan Natal di Kecamatan Kalis berjalan aman dan tertib," ujar Kapolsek Kalis Ipda Dedy Supriadi.

    Menurut Dedy, pengamanan tersebut dilakukan sebagai bentuk pengabdian Polri terhadap masyarakat dalam menjamin keamanan.

    "Tentunya menjamin keamanan seluruh umat, baik umat Katholik maupun Protestan yang melaksanakan ibadah sakral malam Natal, baik di gereja Katolik maupun gereja Protestan yang ada Kecamatan Kalis khususnya dan di Kabupaten Kapuas Hulu umumnya," ungkap Dedy.

    Pada hari yang sama, pengamanan gereja di Kecamatan Mentebah juga dilaksanakan oleh Polsek Mentebah. Adapun pengamanan ibadah Natal oleh Polsek Mentebah diantaranya yakni di gereja GKMI Mulya Kasih,
    gereja GPDI Jemaat El Shadday, gereja, GPSK Eben Haezar dan gereja Santo Marius Tekalong.

    "Pengamanan dari anggota Polsek Mentebah termasuk saya sebanyak 8 (delapan) personel, BKO Polres Kapuas Hulu sembilan personel, Koramil tiga personel dan remaja Masjid empat orang," kata Kapolsek Mentebah, Iptu Surarso.

    Surarso menjelaskan, untuk Kebaktian atau Misa selanjutnya, akan dilaksanakan tanggal 27 Desember 2017 mendatang.

    "Tanggal 27 Desember tersebut adalah dalam rangka Natal besar atau Natal bersama, bertempat di gereja Eben Haezer Tekalong," jelas Surarso. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro