Recent comments

  • Breaking News

    Fenomena Langit 2018 Semakin Dekat

    ilustrasi gerhana bulan total.

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Gerhana Bulan total merupakan salah satu fenomena langit di tahun 2018. Tentunya di balik setiap peristiwa pasti ada hikmahnya. Dimana salah satu hikmahnya adalah agar kita semakin mengingat kebesaran Allah, Tuhan Yang Maha Esa.

    Bagi umat Islam, itu ditunjukkan dengan Shalat Khusuf, Dzikir dan berdoa selama gerhana berlangsung. Sebab, fenomena langit ini merupakan tanda-tanda kebesaran Allah sebagai sang pencipta alam semesta.
    Surat Edaran PERSIS

    Berdasarkan surat edaran dari Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), merujuk pada Almanak Persis, gerhana bulan total akan terjadi pada hari Rabu, 14 Jumadil Ula 1439 H bertepatan dengan 31 Januari 2018 M. 

    Menurut Persis, kali ini kita bisa menyaksikan gerhana bulan total sejak pukul 18.48 WIB, disaat awal kontak gerhana. Kemudian masuk fase dimana gerhana mulai total pada pukul 19:51 WIB, berlanjut pertengahan gerhana pukul 20:29 WIB. Selanjutnya akhir total pada pukul 21:07 WIB, dan akan berakhir pukul 22:11 WIB.

    Dalam surat edarannya tersebut, Persis menyerukan kepada umat Islam khususnya untuk seluruh jamaah dan simpatisan agar melaksanan sholat gerhana pada waktunya, sebagaimana disunnahkan oleh Rasulullah SAW.

    Adapun waktu yang telah diatur oleh Persis yakni pukul 19:00, jamaah sudah berkumpul di Masjid untuk mengumandangkan Takbir, melaksanakan shalat Isya berjamaah dan dianjurkan kembali dengan Takbir.

    Sholat dimulai pukul 20:00 WIB dilanjutkan dengan khutbah, pengumpulan dan pendistribusian shadaqah. Kabarnya, gerhana terjadi di seluruh Indonesia, untuk yang berada di wilayah Waktu Indonesia Bagian Tengah di tambah 1 (satu) jam, dan Waktu Indonesia Bagian Timur ditambah 2 (dua) jam. [Ria]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak