Recent comments

  • Breaking News

    Lagi, Berkat Gotong Royong, Ruas Jalan di KM 13 Tak Lagi Berlubang

    Lubang di ruas jalan KM 13, Desa Nanga Kalis sebelum ditambal (kiri). Kondisi usai ditambal (kanan).

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Warga Desa Nanga Kalis, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar, kembali melakukan aksi sosial di ruas jalan KM 13, Desa Nanga Kalis, Senin (8/1/18).
    saat melakukan gotong royong.

    Dimana sebelumnya juga pernah dilakukan aksi sosial warga dengan bergotong royong membersihkan saluran air di sekitaran ruas jalan yang kerap tergenang air tersebut, sehingga saat ini, genangan air yang sangat menghambat aktivitas warga itu, tak tampak lagi.

    Kali ini aksi gotong royong yang dilakukan warga adalah menambal lubang-lubang yang ada disepanjang ruas jalan di KM 13 yang rusak karena berbulan-bulan terendam air, sehingga lubang-lubang itu tentunya mengancam keselamatan pengguna jalan.

    "Munculnya ide untuk menambal lubang di ruas jalan KM 13 itu didasari rasa kemanusiaan bagi seluruh warga pengguna jalan, mengingat sebelumnya banyak kerugian yang dialami warga karena menjadi korban akibat jalan tersebut berlubang, salah satunya banyak truk-truk ekspedisi yang terbalik disitu," ujar Lukman Harun, warga desa Nanga Kalis, yang juga ikut bergotong royong, Senin Malam.

    Adapun warga desa Nanga Kalis yang ikut bergotong royong menambal lubang itu lanjut Lukman, sebanyak 6 (enam) orang, yakni Iwan, Jamil, Aspiya, Mahyus dan Abu Bakar.

    "Selain saya dan kelima orang warga desa Nanga Kalis, ada juga empat orang Polisi yang membantu, diantaranya Kapolsek Kalis, Ipda Dedy Supriadi, Kanit Intel Polsek Kalis, Bripka Belmi H. Siallagan, S.AP, Bripka Ewit dan Briptu Robbi. Dimana semua itu adalah inisiatif kami bersama," terang Lukman.

    Terpisah, Bripka Belmi menyatakan, penimbunan dilakukan karena sudah banyak pengguna jalan yang menjadi korban laka-lantas di ruas jalan tersebut hanya karena melewati lubang.

    "Jalan ini sangat vital, karena satu-satunya jalan negara menuju kota Putussibau begitu pula sebaliknya menuju Kota Sintang," ungkap Belmi.

    Dikatakan Belmi, dalam kegiatan tersebut ada tiga titik lubang yang ditimbun dengan menggunakan Sertu sebanyak dua Dumm Truck dengan sumber dana dari swadaya masyarakat Kalis.

    "Semoga pa yang dilakukan ini bisa sedikit mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas di jalan negara KM 13 desa Nanga Kalis, sebelum adanya penimbunan terlihat jelas adanya tiga titik lubang besar disisi kiri dan kanan jalan," jelasnya.

    Sementara itu, Kapolsek Kalis, Ipda Dedy Supriadi menyatakan bahwa setelah dilaksanakan penimbunan, jalan tersebut tidak mengancam nyawa lagi.

    "Alhamdulilah setelah dilaksanakan penimbunan bersama warga desa Nanga Kalis dan anggota Polsek Kalis, jalan negara di KM 13 Nanga Kalis itu sudah layak dilalui, baik oleh pengemudi rida dua maupun pengemudi roda empat dan kendaraan besar lainnya," tutur Ipda Dedy Supriadi. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro