Recent comments

  • Breaking News

    PLN Ranting Putussibau Dinilai Tak Konsisten, Warga Kesal

    KAPUAS HULU, Uncak.com -  Warga Jalan Kirin Braun, Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Marcellus Basso, menyatakan bahwa pernyataan Manager PT. PLN Ranting Putussibau, Dhanu Rediansyah, pada bulan Agustus 2017 lalu kepada salah satu media di Putussibau, dinilai tidak konsisten.

    Dimana Manager PT. PLN Ranting Putussibau tersebut mengatakan bahwa mulai Agustus 2017, pihaknya berusaha tidak akan melakukan pemadaman listrik secara bergilir, mengingat pemeliharaan mesin sudah selesai dilakukan.

    "Pemeliharaan mesin dilakukan sejak awal Agustus 2017, sehingga dilakukan pemadaman listrik secara bergilir pada puncak pemakaian malam hari," kata Dhanu, Senin (28/8/17) lalu kepada salah satu awak media di kantornya di Putussibau.

    Menurut Dhanu, mesin PLN juga mengalami defisit daya di sistem pembangkit dan pemeliharaan overfull, serta ada dua penyebab terjadinya pemadaman listrik, diantaranya yakni gangguan yang sifatnya internal seperti pemeliharaan mesin, serta gangguan yang sifatnya eksternal yakni yang berkaitan dengan gangguan jaringan akibat cuaca.

    "Khusus gangguan jaringan akibat cuaca, tidak bisa diprediksi, karena hal itu disebabkan oleh faktor alam," ungkap Dhanu Rediansyah saat itu.

    Terkait pernyataan dari Manager PT. PLN Ranting Putussibau tersebut, Marcellus Basso angkat bicara. Dia mengatakan bahwa pernyataan Manager itu dinilainya tidak konsisten, dimana semenjak memasuki awal bulan Januari 2018 ini, pihak PLN Ranting Putussibau sudah beberapa kali melakukan pemadaman.

    "Pemadaman bergilir ini terjadi sejak Agustus hingga awal Desember 2017 lalu, dimana tak berselang lama setelah Manager PLN tersebut mengeluarkan pernyataan di salah satu media. Namun menjelang Natal dan Tahun Baru, sempat normal. Tapi tanggal 24 dan 30 hingga awal Februari 2018 tanggal 3, pemadaman bergilir terjadi lagi mulai dari pukul 17.00 - 21.30 WIB," terang Marcellus Basso kepada uncak.com, Sabtu (3/2/18) sore.

    Ketika ditanya, apakah sebelum dilakukan pemadaman, pihak PLN Ranting Putussibau memberitahukan kepada warga terlebih dahulu? Marcellus menjawab bahwa dia tidak tau apakah ada pemberitahuan dengan masyarakat sebelumnya.

    "Saya tidak tau apakah ada pemberitahuan kepada masyarakat sebelum pihak PLN Ranting Putussibau melakukan pemadaman, sebab saya tidak punya radio," katanya.

    Marcellus berharap kepada pihak PLN Ranting Putussibau agar tidak melakukan hal seperti ini secara terus-menerus karena sangat menghambat aktivitas keseharian warga yang pekerjaannya bergantung pada listrik.

    "Kalaupun ada kendala tekhnis yang dialami oleh pihak PLN, seharusnya pihak PLN memberitahukan masyarakat yang wilayahnya akan dilakukan pemadaman terlebih dahulu secara menyeluruh agar sebelum pemadaman, masyarakat sudah siap mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan listrik," pungkas Marcellus Basso dengan kesal dan penuh harap.

    Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, pihak PLN terkait belum bisa dikonfirmasi.[Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad