Recent comments

  • Breaking News

    Arwana Band Dihadirkan di Acara Tanam Perdana di Semangut Utara

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Tanam Perdana Padi gadu oleh kelompok tani Rasau Indah, Desa Semangut Utara, Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, bertempat di areal persawahan, Desa Semangut Utara, Selasa (27/3/2018).

    Tanam perdana tersebut seluas  6 (enam) hektare. Nantinya diperkirakan menghasilkan 2 ton setiap per hektarenya.

    Tanam perdana padi Gadu
    Hadir dalam acara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdul Rasyid, MM, Kabid Penyuluhan Abdul Samat, Sp, MM, Kabid Tanaman Pangan Sunarto, A. Md,
    Kabid Perikanan Sudirman, SP, Camat Bunut Hulu Asmiardy, SH, Danramil Bunut Hulu Kapten Ucok Saputra.

    Hadir pula Kapolsek Bunut Hulu Ipda Sri Kusworo, PLT Kepala Desa Semangut Utara, dan Kelompok Tani Rasau Indah, serta Arwana Band dari Kota Pontianak selaku bintang tamu.

    Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Bunut Hulu, Panus, menyatakan, saat ini ada 800 hektare lahan persawahan di wilayah Kecamatan Bunut Hulu. Lahan seluas itu merupakan areal padi produktif.

    Dengan program percepatan tanam yang dilakukan saat ini, wilayah Bunut Hulu sudah masuk pada Indeks Pertanian 2 (IP2). Hal itu didukung oleh kepedulian seluruh pemangku kepentingan dalam memajukan pertanian.

    “Dukungan dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat dengan pendampingan Babinsa dan Bhabinkamtibmas terhadap petani, menjadi salah satu hal yang berdampak positif dalam usaha pertanian, khususnya di Wilayah Kecamatan Bunut Hulu," ujar Panus.

    Lebih lanjut Panus mengatakan, target yang ditetapkan sebanyak 4 ton per hektare.
    Persawahan di Desa Semangut Utara tidak hanya mengandalkan pengairan dari air hujan, namun juga dengan memanfaatkan irigasi yang ada di sekitar areal persawahan.

    “Salah satu kendala yang dihadapi saat ini adalah semakin kurangnya tenaga tanam dan tenaga panen. Kendala tersebut pasti akan menaikkan biaya atau ongkos usaha tani,” terangnya.

    Menurut Panus, kedepannya pemerintah akan memberikan solusi dengan memberikan anggaran untuk bantuan alat modern untuk mempermudah proses pekerjaan pertanian.

    Pelepasan bibit ikan Arwana.
    "Kelompok tani Rasau Indah Desa Semangut Utara juga saat ini telah menyediakan lahan kolam untuk budidaya ikan Arwana Brazil dan hari ini selain tanam perdana juga akan melepaskan bibit Arwana Brazil untuk budidaya. Harapan masyarakat agar mendapatkan manfaat dan hasil sehingga bisa mensejahterakan masyarakat," ungkapnya.

    Camat Bunut Hulu Asmiardy, SH bersama Danramil Kapten Inf Ucok dan Kapolsek Bunut Hulu Sri Kusworo (Muspika) menuturkan hal yang sama, yakni
    berharap kepada kaum muda agar tidak perlu merasa malu untuk turun ke sawah.

    "Kaum muda diharapkan ikut berinovasi dengan ilmu yang dimilikinya, untuk memajukan pertanian dan diharapkan pula kaum muda akan kembali menyenangi dunia pertanian," harap mereka.

    Muspika Bunut Hulu juga sangat mengapresisasi  kepada seluruh lapisan masyarakat dan petugas di lapangan yang selama ini sudah melakukan pendampingan terhadap para petani, sehingga para petani saat ini bisa menerapkan program percepatan tanam.

    "Dalam membuka lahan pertanian untuk supaya tidak melakukan pembakaran hutan," imbaunya.

    Jurnalisme Warga: [Winarno]
    Editor: [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak