Recent comments

  • Breaking News

    Aparatur Desa se-Kapuas Hulu Ikuti Workshop IDM

    Workshop IDM yang digelar DPMD Kapuas Hulu di Indoor Volly Putussibau.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Aparatur desa se Kabupaten Kapuas Hulu yang terdiri dari Kepala desa, Sekretaris desa, dan pendamping desa mengikuti workshop pemutahiran status perkembangan desa atau Indeks Desa Membangun (IDM).

    Workshop tersebut digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Hulu, bertempat di Indior Volly Ball Putussibau, Selasa (10/4/2018).

    Menurut Kepala DPMD Kabupaten Kapuas Hulu Alifiansyah bahwa digelarnya workshop itu agar menghasilkan data yang akurat untuk pengambil kebijakan dari pemerintah.

    "Workshop itu untuk membangun kesepahaman dan kemampuan aparatur desa dalam rangka menyajikan data serta informasi terkait status desa," kata Alifiansyah, Selasa.

    Alifiansyah menjelaskan, saat ini untuk menentukan status desa, apakah itu masuk desa sangat tertinggal, tertinggal, maju berkembang, dan mandiri perlu partisipasi aparatur desa dan masyarakat itu langsung.

    "Data yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan menentukan arah kebijakan pemerintah daerah, provinsi hingga pusat," jelasnya.

    Dikatakan dia, jika data yang disampaikan salah, maka bisa dipastikan kebijakan pembangunan pun tidak tepat sasaran.

    Alifiansyah juga menekankan, dengan dibekalinya aparatur desa dengan kegiatan workshop tersebut, desa bisa sebagai inpromen sehingga data dari desa objektif, bebas dari kepentingan kelompok tertentu.

    "Hasil dari workshop itu akan diterapkan serta akan di launching oleh Presiden Joko Widodo pada 1 Mei 2018 mendatang di Jakarta," ungkapnya.

    Acara tersebut akan dilaksanakan selama dua (2) hari.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak