Recent comments

  • Breaking News

    Gernas Baku Tumbuhkan Minat Baca Anak

    Saat pelaksanaan acara Gernas Baku di Komplek Kodim 1206/Putussibau.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Dalam rangka menumbuhkan minat baca kepada anak, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Gerakan Nasional Membacakan Buku (Gernas Baku), bertempat di Komplek Kodim/1206 Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu (5/5/2018).

    Acara itu dibuka dengan tarian oleh anak-anak TK dengan lagu mencangkul yang dalam, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Petrus Kusnadi, S.Pd, M.Si menyatakan, kegiatan Gernas Baku merupakan kegiatan nasional yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

    "Sesuai dengan peraturan Kemendikbud 146/tahun 2014 tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), bahwa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menjadikan dan meresmikan Gernas Baku pada tanggal 2 Mei 2018 dan dilaksanakan serentak pada 5 Mei 2018," ujar Petrus dalam rilis yang diterima uncak.com dari Humas Polres Kapuas Hulu, Sabtu (5/5/2018).
    Waka Polres Kapuas Hulu, Dandim 1206/Putussibau, dan Kapala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Hulu, foto bersama dalam acara Gernas Baku.
    Dijelaskan Petrus, pada kegiatan pertemuan Nasional, ibu Erlinawati Nasir, SH merupakan perwakilan Kapuas Hulu sekaligus menjadi perwakilan Kalimantan Barat dalam pertemuan Bunda PAUD Nasional.

    Senada dengan Petrus Kusnadi, Bupati Kapuas Hulu, AM. Nasir, SH mengatakan, Gernas Baku kepada anak  merupakan kegiatan Nasional yang dilaksanakan serentak di Indonesia, sekalipun dalam pelaksanaannya sudah ada beberapa wilayah yang melaksanakannya terlebih dahulu.

    "Membaca merupakan cara untuk membuka jendela dunia sehingga membuat kita yang tidak tahu menjadi tahu akan setiap informasi yang ada. Dimana kegiatan membaca buku ini selalu dimulai dari rumah," kata Nasir.

    Menurut Nasir, tujuan dilaksanakannya Gernas Baku itu dalam rangka menumbuhkan minat baca bagi anak untuk membaca. Sebab saat ini anak lebih dominan bermain handphone dari pada membaca buku.

    "Dalam survei yang dilakukan terbukti 91,4% anak lebih senang menonton Televisi (Tv) dan 11,3% anak senang membaca buku," ungkapnya.

    Pada kesempatan itu, Bupati Kapuas Hulu mengajak seluruh orang tua agar meningkatkan Gernas Baku, sehingga karakter anak dapat terbentuk dengan baik, karena anak merupakan objek dari pengajaran, sebab anak-anak belum mengerti dalam bersikap, bertingkah laku, bertutur kata dan mengetahui baik buruknya tindakan yang diambil.

    "Anak perlu tuntunan dari orang tua agar dapat menjadi anak yang cerdas dan berakhlak," terangnya.

    Hadir dalam acara itu, Forkopimda Kapuas Hulu, dimana Kapolres Kapuas Hulu diwakili Waka Polres, Ketua PKK Kapuas Hulu, Ketua Bunda PAUD Kapuas Hulu, Bhayangkari Polres Kapuas Hulu, Persit 1206/Putussibau.

    Selain itu, hadir pula para guru, bunda PAUD Kapuas Hulu, orang tua murid, anak-anak TK Pertiwi, TK Bhayangkari, TK Kartika, TK Darussalam, dan TK Pembina Kapuas Hulu dengan jumlah sekitar 320 orang.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro