Recent comments

  • Breaking News

    Ikatan Pemuda Silat Hilir Resmi Terbentuk

    Suasana pembentukan IPSH di Aula kantor Camat Silat Hilir.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Berawal dari pemikiran akan pentingnya peran pemuda dalam pembangunan di daerah masing-masing, sehingga membuat sekelompok pemuda Kecamatan Silat Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu melakukan pertemuan untuk memulai perubahan, Jumat (16/2/2017) lalu.

    Sebuah pertemuan yang menghasilkan Panitia Pembentukan Ikatan Pemuda Silat Hilir (IPSH) dengan Ketua Pelaksana yakni Dadang Suheri,S.Pd.

    Sejak saat itu, semua sepakat bahwa harus melakukan kegiatan Musyawarah Besar untuk membentuk dan menentukan kepengurusan organisasi yang di singkat IPSH.

    Seiring berjalannya waktu, persiapan berawal dari Sosialisasi kepada Muspika Kecamatan, Pengurus Desa, hingga masyarakat di Kecamatan Silat Hilir pada umumnya.

    Wacana itu disambut baik oleh semua pihak, hal itu dibuktikan dengan dukungan berupa pemikiran, tenaga dan bahkan pendanaan.

    IPSH itu dianggap sangat penting. Dimana sebagai wadah persatuan pemuda khususnya di Kecamatan Silat Hilir yang memiliki jumlah penduduk kurang lebih 19.337 Jiwa.

    IPSH tersebut diharapkan mampu merangkul semua elemen masyarakat serta memberikan manfaat yang positif bagi perkembangan dan kemajuan daerah.

    Tujuannya itu sudah tertuang jelas dalam Proposal kegiatan yang disusun oleh Panitia Pelaksana Kegiatan Musyawarah Besar Ikatan Pemuda Silat Hilir.

    Dengan penuh perjuangan, pada tanggal 29 April 2018, bertempat di Aula Kantor Camat Silat Hilir, Musyawarah Besar Ikatan Pemuda Silat Hilir terlaksana dengan sukses dan lancar.

    Acara  itu dibuka langsung oleh Camat Silat Hilir Bapak M. Munajib, S.Sos. Dihadiri pula oleh Koramil Silat Hilir Bapak Harsono, Perwakilan Tokoh Adat dan Pemuka Masyarakat Silat Hilir Bapak Razali.

    Kegiatan itu berlangsung khidmat, dimana banyak pesan dan nasehat yang menjadi catatan untuk Pengurus IPSH kedepannya.

    Secara khusus Camat Silat Hilir menyampaikan bahwa dirinya sangat menyambut baik pergerakan IPSH tersebut sebagai generasi perubahan.

    "Tentunya harus bersifat profesional dalam berorganisasi dan jangan mengedepankan ego masing-masing, namun tetap bersatu sesuai Bhineka Tunggal Ika. Selalu menjalin silaturahmi kepada semua pihak, membuat masyarakat bangga dan mengakui keberadaan IPSH," ujar Camat yang merupakan asli Putra Daerah Silat Hilir itu.

    Dikatakannya, kedepan pemuda Silat Hilir harus cerdas, inovatif dan komprehensip sehingga mampu menghilangkan persepsi negatif dari masyarakat.

    "Semoga IPSH dapat menjadi yang terbaik dengan mengedepankan musyawarah dan mupakat dalam kepengurusan,” harapnya.

    Musyawarah Besar IPSH itu dibentuk dengan mengedepankan mupakat tanpa voting sedikitpun. Berdasarkan hasil musyawrah dengan jumlah 53 orang peserta itu, terpililah Zulkarnain,S.Hut sebagai Ketua Umum IPSH Periode tahun 2018-2020.

    Sebelumnya dirumuskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang memakan waktu paling tidak 8 (delapan) jam selama kegiatan.

    Dari hasil musywarah juga diperoleh beberapa strategi, arah pergerakkan dan program pengembangan IPSH.

    Berfokus kepada meningkatkan Sumberdaya Manusia (SDM), pengelolaan Sumberdaya Alam (SDA), dan Pemberdaya Masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Silat Hilir khususnya.

    Hal itu tentu bukanlah sesuatu yang mudah bagi Organisasi yang baru berdiri dengan latar belakang swadaya masyarakat. Namun dengan persatuan dan bentuk dukungan berbagai pihak, tentu semua itu bukan sesuati yang mustahil bagi IPSH.

    Melalui Tim Media, Panitia secara khusus menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan kegiatan Musyawarah Besar Ikatan Pemuda Silat Hilir tahun 2018.

    Diharapkan kedepannya, Pengurus IPSH mampu menjalin kerjasama dengan semua pihak khususnya Pemerintah Kecamatan Silat Hilir. Terlibat langsung dalam kegiatan dan program yang menjadi pekerjaan atau target dari Pemerintah Kecamatan yang tertuang dalam Visi dan Misinya.

    IPSH juga tidak menutup diri bagi para mitra yang tidak mengikat untuk bekerjasama, mengingat Kecamatan Silat Hilir memiliki 13 Desa, Perusahaan Perkebunan dan Pihak Swasta lainnya.

    Sehingga kehadiran Ikatan Pemuda Silat Hilir dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi semua serta menjadi organisasi yang diakui oleh semua pihak.

    Penulis : Zul
    Editor   : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro