Recent comments

  • Breaking News

    Kapolsek Putussibau Utara Mendapat Gelar Kehormatan

    Saat Kapolsek Putussibau Utara diberi gelar kehormatan oleh suku Dayak Kayan Mendalam.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Hadiri acara Adat Do Dange Mendalam, Kapolsek Putussibau Utara IPDA Aditya Bambang Sundawa, S.Tr.K mendapat gelar kehormatan dari Suku Dayak Kayan Mendalam.

    Acara adat Do Dange itu diselenggarakan di rumah adat Amin Ayaa' Tanjung Kuda, Padua Mendalam, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (1/2/2018).

    Dalam acara pembuka, suku Dayak Kayan Mendalam menyambut kedatangan dan memberikan kehormatan kepada Kapolsek Putussibau Utara dengan acara adat Dayak Kayan yang dipimpin oleh Temenggung Kayan Mendalam Yosef Yusuf.

    Gelar nama kehormatan yang diberikan kepada Kapolsek Putussibau Utara itu yakni 'Lejo' yang dalam bahasa kayan berarti Harimau, dimana diibaratkan sebagai penguasa dengan maksud pemimpin yang berani dan dapat mengayomi masyarakat dengan baik.

    Kemudian acara dilanjutkan dengan makan bersama dengan cara lesehan yaitu nasi dibungkus dan dialas dengan daun pisang. Hal itu merupakan ciri khas perayaan pesta Dange.

    Dilanjutkan dengan acara hiburan yakni beberapa tarian tradisional yang dibawakan oleh anak-anak setempat.

    "Dengan disematkan nama kehormatan tersebut, masyarakat Dayak Kayan Mendalam menerima dengan baik kehadiran Kapolsek di tengah-tengah masyarakat Mendalam, sekaligus sebagai tamu kehormatan saat acara Do Dange," ujar salah satu warga Dayak Kayan Mendalam pada rilis yang diterima uncak.com, Selasa malam.

    Acara Do Dange itu merupakan acara wujud syukur setelah selesai panen padi, yang diselenggarakan oleh warga Dayak Kayan Mendalam setiap 1 (satu) tahun sekali.

    Dalam sambutannya, Kapolsek mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan Masyarakat Dayak Kayan Mendalam kepadannya, dengan nama Lejo.

    Kapolsek menghimbau kepada masyarakat, sehubungan menjelang pesta demokrasi  Pilkada 2018, ia mengajdk agar berpesta positif, yakni turut serta menjaga situasi yang kondusif sehingga tahapan Pilgub Kalbar 2018 dapat berjalan dengan aman dan damai.

    Hadir dalam acara itu, empat anggota Polsek Putussibau Utara, Camat Putussibau Utara yang diwakili oleh sekertaris camat Achmad Syahrizal, Anggota Dewan Maura Marsalena Hiroh.

    Selain itu, hadir pula Kades Padua Mendalam Marsellus Haraan, Kades Datah Dian Markus Jaraan, SH, Kades Tanjung Karang Yosef Lasa, Temenggung Dayak Kayan Mendalam Yosef Yusuf, Penanggung jawab kegiatan Agustinus Haang, Todat, tomas, toga dan toda serta masyarakat sekitar 350 orang.

    Adat Do Dange itu merupakan adat yang dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan khususnya bagi suku Dayak Kayan Mendalam, dikarenakan dalam pelaksanaannya suku Dayak Kayan yang tinggal diberbagai daerah/desa dapat berkumpul bersama pada acara dange.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro