Recent comments

  • Breaking News

    Tingkatkan Keamanan Lingkungan, Polsek Perbatasan Latih Linmas dan Ketua RT

    Polsek Embaloh Hulu saat melatih Linmas dan Ketua RT.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Kapolsek Embaloh Hulu Iptu Salmansyah beserta Anggota Polsek Embaloh Hulu memberikan penyuluhan pembinaan dan pelatihan kepada anggota perlindungan masyarakat (Linmas) dan Ketua RT di Desa Tamao, Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (30/05/2018).

    Hal tersebut dilakukan demi meningkatkan keamanan dan ketentraman lingkungan Menjelang Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Tahun 2018.

    Kapolsek Embaloh Hulu Iptu Salmansyah menuturkan bahwa maksud dari kegiatan itu adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat.

    “Dengan harapan Linmas dan ketua Rt di wilayah Desa Tamao Kecamatan Embaloh Hulu ini mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat,”ujarnya dalam rilis yang diterima uncak.com, Rabu.

    Dijelaskannya, tugas pokok dan fungsi Linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

    “Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah nya,” jelas Salman.

    Iptu Salman menambahkan, Linmas adalah satuan perlindungan masyarakat yang mempunyai tugas mendukung penanganan masalah ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungannya.

    Selain itu lanjutnya, Linmas juga berfungsi membantu terciptanya kondusifitas dan penanggulangan bencana alam serta kegiatan sosial di lingkungan desanya.

    Tak hanya itu, saat ini dengan maraknya isu kelompok radikal dalam meningkatkan deteksi dini sangat diperlukan peran serta linmas untuk membantu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat Desa.

    “Linmas merupakan ujung tombak keamanan di lingkungan bersama Bhabinkamtibmas. Dimana diharapkan mampu memberikan peringatan dan deteksi dini terhadap pergeseran sosial di masyarakat,” terang Iptu Salmansyah.

    Menurutnya, tugas Linmas cukup berat karena bersama anggota Polri dan TNI harus menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat siang dan malam. Oleh karenanya, pihaknya berharap program pelatihan dan pembinaan ini akan memberikan semangat baru bagi para anggota linmas, karena peran dan fungsi linmas sangat penting untuk bersama-sama menjaga keamanan.

    Kegiatan pelatihan dan pembinaan Linmas itu diikuti sebanyak empat orang anggota Linmas dan lima orang ketua RT dari Desa Tamao.

    Dalam pembinaan dan pelatihan tersebut, Kapolsek Embaloh Hulu menyampaikan materi-materi tentang pertahanan dan tugas pokok Linmas, diantaranya sebagai pengamanan swakarsa serta perlindungan dan kenyamanan masyarakat.

    Iptu Salmansyah mengajak untuk mrngaktifkan kembsliPoskamling, dengan melaksanakan lagi bagi setiap warga yang baru masuk ke desa wajib lapor selama 1x24 jam kepada Ketua RT.

    “Program pelatihan dan pembinaan linmas ini akan terus dilakukan karena tugas Linmas cukup berat, harapannya selain pengetahuan juga dapat menjadi penyemangat mereka,” pungkas Iptu Salmansyah.

    Sementara itu, Kepala Desa Tamao Bapak Hermanus Ruman menyambut baik kegiatan pelatihan dan pembinaan linmas dan Ketua Rt diwilayah Desa Tamao Kecamatan Embaloh Hulu.

    “Kegiatan pembinaan dan pelatihan linmas oleh Polsek Embaloh Hulu sangat baik untuk meningkatkan peran dan tugas linmas dimasyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat,” katanya.

    Hermanus berharap, semoga kegiatan pembinaan Linmas dan ketua RT itu bisa terus ditingkatkan demi profesionalitas peran dan tugas Linmas.

    "Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi para anggota Linmas dan ketua RT di seluruh desa di kecamatan Embaloh Hulu khususnya Desa Tamao," harapnya.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro