Recent comments

  • Breaking News

    Panglima Kodam XII/Tanjungpura Resmikan Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Cakti

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi meresmikan Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Cakti Kodam XII/Tanjungpura, di Lapangan Markas Kompi Kavaleri 12/MDC, Jalan Adi Sucipto, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat (1/6/2018).
      
    Dikatakan Panglima Kodam XII/Tanjungpura, bahwa pembentukan satuan baru, ini merupakan realisasi dari Peraturan Kasad (Perkasad) Nomor 74 tanggal 29 Desember 2017, yang berisi pembentukan satuan baru di jajaran TNI AD.

    “Untuk Satuan Kompi Kavaleri ini, sebelumnya dibawah komando dan bagian dari Yonkav 12/Beruang Cakti yang bermarkas di daerah Peniti Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat,” ujar Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

    Sedangkan tugas pokok satuan Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Cakti adalah melaksanakan pertempuran darat yang  bersifat mobile dan didukung kendaraan tempur lapis baja, guna mendukung tugas pokok Kodam XII/Tpr yang dititik beratkan pada pelaksanaan pengamanan Objek Vital dan Pengamanan VIP/VVIP di seluruh wilayah Kodam XII/Tpr khususnya Kota Pontianak dan sekitarnya. 
    Selain itu, penyesuaian Orgas ini merupakan bagian rencana strategis TNI AD dalam pembangunan dan gelar satuan TNI AD yang semakin modern, efektif dan profesional guna memaksimalkan Deterrent Effect (Efek Jera) sekaligus respon terhadap dinamika perkembangan lingkungan strategis ke depan guna mendukung tugas-tugas Kodam XII/Tpr khususnya dan TNI AD pada umumnya, papar Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

    “Jadi, Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Cakti merupakan satuan operasional baru yang dilengkapi kendaraan tempur Lapis Baja jenis Panser Anoa dan  BTR 40, yang memiliki daya gerak yang tinggi, manuver cepat, dilengkapi Senjata Mesin Berat Kaliber 50 dan 30 mili meter serta Senjata Mesin Sedang Kaliber 7,62 mili meter,” tegasnya.

    Panglima Kodam pun menyampaikan, bahwa satuan yang memiliki Kendaraan Lapis Baja jenis Panser, maka satuan ini dituntut memiliki mobilitas yang tinggi dalam mendukung tugas pokok Kodam XII/Tpr dan dapat menambah kemampuan jajaran Kodam XII/Tpr dalam melaksanakan tugas pokoknya menjaga kedaulatan dan keamanan NKRI khususnya wilayah Kalimantan Barat. 

    Perlu saya sampaikan bahwa, Filosofi dari “Macan Dahan Cakti” yaitu diambil dari nama Macan Dahan yang merupakan salah satu predator di wilayah hutan tropis Kalimantan, yang memiliki sorot mata tajam, cakar dan taring yang tajam serta dapat bergerak secara lincah. Sedangkan kata “Cakti” berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya “Tahan, Tangguh, dan Ampuh”.

    “Macan Dahan Cakti”, dapat menginspirasi seluruh prajurit Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Cakti dalam setiap pelaksanaan tugas mempunyai kewaspadaan yang tinggi, jiwa kesatria, naluri yang tajam, tangguh, ampuh, gagah berani serta berwibawa,” pungkas Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

    Rilies : Pendam XII/Tpr

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan