Recent comments

  • Breaking News

    Dua Taman Nasional Kapuas Hulu Dikukuhkan Menjadi Cagar Biosfer Baru

    Bupati Kapuas Hulu A.M Nasir, saat membacakan pernyataan sebagai penerima sertifikat Cagar Biosfer dari MAN and Biosfer UNESCO.
    PALEMBANG, Uncak.com - Masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu patut berbangga. Pasalnya pada sidang ke - 30 International Coordinating Council (ICC) Man and Biosphere  (MAB) Unesco, Taman Nasional Betung Kerihun dan Taman Nasional Danau Sentarum (TaNa Bentarum/TNBKDS), serta Kabupaten Kapuas Hulu, secara resmi dikukuhkan menjadi Cagar Biosfer baru dengan nama Cagar Biosfer Betung Kerihun Danau Sentrum Kapuas Hulu.

    Pengukuhan itu berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (25/7/2018).

    Tepat pukul 16.30 WIB, Bupati Kapuas Hulu A.M Nasir membacakan pernyataan sebagai penerima sertifikat cagar biosfer dari Man and Biosphere UNESCO.

    Bupati menyatakan, hal ini merupakan bukti komitment Kabupaten Kapuas Hulu dalam menjaga kelestarian alam. Sehingga mendapatkan dukungan dan pengakuan internasional.

    "Semoga kedepan, dengan status barunya ini, dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu,” harap Bupati.

    Atas nama Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Bupati sangat mendukung dan bangga bahwa Kabupaten Kapuas Hulu telah dinobatkan menjadi salah satu cagar biosfer yakni Cagar Biosfer Betung Kerihun Danau Sentarum Kapuas Hulu.

    Ditetapkannya Betung Kerihun Danau Sentarum Kapuas Hulu sebagai Cagar Biosfer ini bersamaan dengan 23 Cagar Biosfer lainnya dari 19 Negara.

    Prof. Dr. Ir. Y Purwanto., DEA sebagai Direktur MAB-Indonesia menyambut baik atas pengukuhan.

    “ini merupakan langkah baik bagi Kabupaten Kapuas Hulu dan Taman Nasional Betung Kerihun serta Taman Nasional Danau Sentarum, diharapkan dengan status baru ini dapat menjadikan 'Branding Baru' untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup dan kondisi lingkungan yang lebih baik juga mendukung status Kapuas Hulu sebagai Kabupaten Konservasi,” ujarnya.

    Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Kapuas Hulu berada di Provinsi Kalimantan Barat Indonesia, telah ditetapkan sebagai Kabupaten Konservasi pada tahun 2003. Dimana memiliki areal kurang lebih 65% adalah hutan, baik hutan konservasi, lindung, maupun hutan produksi.

    Ratusan ribu penduduk di Kapuas Hulu sangat menggantungkan kehidupannya terhadap kelestarian hutan, baik pemanfaatan hasil hutan bukan kayu (HHBK) seperti gaharu, madu, maupun potensi satwanya seperti ikan awana, hingga potensi airnya serta wisata.

    Keterpaduan hidup antara masyarakat Kapuas Hulu dengan Taman Nasional, baik Betung Kerihun, maupun Danau Sentarum sebagai Zona Inti Cagar Biosfer, Hutan Lindung dan Hutan produksi sebagai Zona Penyangga, serta kawasan Areal Pengunaan Lainnya sebagai Zona Transisi sangatlah harmonis, dimana masyarakat dapat memanfaatkan dan mengelola hutan konservasi tersebut sesuai kaidah konservasi sehingga lestari.

    Keharmonisan ini patut diapresiasi oleh berbagai kalangan, baik nasional, maupun internasional dan kedepannya Kabupaten Kapuas Hulu dapat dijadikan contoh bagi kabupaten lain untuk keterpaduan pembangunan ini.
    Status cagar biosfer menegaskan pengakuan dunia internasional dan penyemangat bagi kami untuk terus melestarikan dan menjaga Bumi Uncak Kapuas dari kerusakan akibat ulah manusia.

    Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Ir. Arief Mahmud M.Si yang turut mendampingi Bupati Kapus Hulu, berharap agar dengan status tersebut akan melestarikan dua Taman Nasional Betung Kerihun dan Taman Nasional Danau Sentarum, serta memastikan keharmoniasan hubungan masyarakat Kapuas Hulu dalam memanfaatkan Taman Nasional sesuai sistem zonasi yang ada.

    "Keharmonisan ini dapat berdampak baik bagi kesejahteraan masyarakat di sekitar Taman Nasional," katanya.

    Bapak Bupati juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terus bekerja sama dalam melakukan upaya konservasi dan memberikan sumbangsih terbaik bagi Kabupaten Kapuas Hulu yang merupakan Kabupaten di batas ujung negeri.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan