Recent comments

  • Breaking News

    Danau Sentarum Terbakar


    KAPUAS HULU, Uncak.com - Saat musim kemarau tiba, sangat rawan terjadinya kebakaran lahan maupun hutan.

    Seperti halnya yang terjadi di Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Kebakaran lahan memang sering terjadi baik disengaja ataupun tidak sengaja.

    Hal ini disebabkan bertepatan dengan musim berladang atau tanam bagi masyarakat Kapuas Hulu khususnya. Serta pola setahun sekali dengan membakar lahannya yang merupakan sudah tradisi turun temurun yang tak bisa hilang.

    Selain itu, Kapuas Hulu dikenal juga dengan banyaknya danau, sehingga jika kering sangatlah rentan terbakar.

    Seperti hal nya yang terjadi pada wilayah danau Sentarum di Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu. Jika musim kemarau tiba, danau tersebut kering sehingga rawan terbakar karena banyaknya warga yang berdatangan hanya untuk sekedar jalan-jalan atau mencari ikan.

    Hal ini dibuktikan dengan adanya titik api yang sudah mulai membakar dedauan kering sepanjang danau dan mulai merembet kehutan didanau tersebut sejak beberapa hari ini.

    Melihat kejadian tersebut, tim uncak.com langsung mengkonfirmasi kebeberapa warga Lanjak Kecamatan Batang Lupar, dan membenarkan kejadian terbakarnya diwilayah danau tersebut.

    Menurut informasi yang di dapat media ini, kebakaran sudah mulai nampak pada, Minggu (12/8/2018), dan masih terus tampak hingga puncak apinya membesar pada, Rabu (15/8/2018) malam.

    Atas kejadian tersebut belum ada tim atau pihak terkait yang datang menangani dengan memadamkan apinya.

    Banyak dari warga masyarakat di Lanjak khususnya khawatir jika dibiarkan akan merembet besar hingga naik ke wilayah hutan yang ada di danau sentarum tersebut.

    Saat ditemui di Putussibau, Dandim 1206/Psb Letkol Inf. M. Ibnu Subroto, mengatakan bahwa timnya hari ini bersama Polres Kapuas Hulu melalui Polsek dan Koramil Kecamatan Batang Lupar, dibantu dari anggota TNI dari Batalyon Raider Khusus 644/Wls Putussibau terjun ke TKP meninjau lokasi kebakarannya.

    "Sejauh ini tim kita dari Koramil bersama Polsek Batang Lupar serta anggota Batalyon RK 644/Wls sudah bergerak kelokasi untuk memantau titik apinya", tutur Ibnu, Kamis (16/8/2018).

    Kita menurunkan anggota kelokasi guna melihat sampai sejauh mana besarnya kebakaran, dan kita hanya bisa mengantisipasi agar api jangan sampai menyebar lebih besar lagi kearea lainnya, jelasnya.

    Selain membantu memadamkan api, kita juga kemudian akan menangkap pelaku ketika diketahui secara sengaja membakar baik yang punya lahan atau pembakar untuk diperiksa dan membuat pernyataan agar tidak mengulanginya.

    Guna menghadapi ASIAN GAMES nanti, kita terus lakukan patroli berupaya agar tidak ada pembakaran lahannya sehingga menyebabkan kabut asapnya selama berlangsung ASIAN GAMES di Jakarta.

    "Kita berharap juga kesinambungan dari Satgas dan beberapa pihak dalam penanganannya, apalagi ini masuk dalam wilayah taman nasional danau sentarum", ungkap Ibnu.  [Amr]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro