Recent comments

  • Breaking News

    Murah, Bergaransi, Gratis dan Diskon Mendominasi Pesta Demokrasi Online di SMAN 1 Putussibau

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Untuk pertama kalinya, SMA Negeri 1 (SMANSA) Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu menyelenggarakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS secara online, bertempat di ruang aula SMANSA Putussibau, Senin (22/10/2018).

    Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Halimatussa'diah, MJ, SP mengatakan, pemilihan OSIS secara online itu lebih efektif dalam penghitungan suara serta dapat menghindari golput.

    "Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dengan sistem online ini juga merupakan satu di antara program yang ramah lingkungan," ujar Halimatussa'diah, Selasa (23/10/2018).

    Sementara itu, koordinator tim IT Winardi, S.Pd menjelaskan, dalam penyelenggaraan pemilihan OSIS secara online itu, Wakasis dibantu tim IT yang dikoordinir oleh dirinya dengan dibantu oleh Zikril Huda, Muhammad Beni Arya H, Bony Fasius dan Muhammad Agus Saputra.

    Foto bersama usai pemilihan.
    "Kami mengembangkan aplikasi yang ada di yuotube ini selama dua hari. Dimana kami memasukkan data seluruh pemilih dengan membuat username dan pasword yang akan digunakan saat login website untuk memilih paslon. Selain itu, kami juga membuat video tutorial yang akan digunakan oleh pemilih mempelajari langkah-langkah menggunakan pemilihan secara online," jelas Winardi.

    Pada kesempatan yang sama, Kepala SMAN 1 Putussibau, M. Djusanudin mengucapkan terimakasih kepada seluruh siswa yang telah berpartisipasi aktif dalam pemilihan kepengurusan OSIS dan DPK, serta tim IT yang telah menyiapkan pemilihan secara online.

    "Saya ucapkan selamat kepada ketua dan wakil OSIS SMANSA Putussibau yang telah terpilih secara demokrasi online. Semoga dengan terpilihnya ketua dan wakil OSIS yang baru ini, SMANSA semakin maju kedepannya," ucap Djusanudin.

    Sebelum dilakukan pemilihan secara online tersebut, pasangan calon (paslon) harus melewati tahap wawancara dan debat terlebih dahulu di halaman upacara bendera. Dimana paslon diwawancarai oleh Ibu Dwi Kuntarti, Ibu Suryati, Ibu Halimatussa'diyah dan Ibu Multiani Djuharsih.

    Setelah wawancara selesai, dilanjutkan dengan paslon 1 yaitu Jamaludin (calon ketua OSIS) dan Geby Tri Nuraudia (calon wakil ketua OSIS) mengajukan pertanyaan pada paslon 2 yaitu Munawar Saputra (calon ketua OSIS) dan Rahmat Ali Sya'ban (calon wakil ketua OSIS). Demikian pula sebaliknya, paslon 2 mengajukan pertanyaan pada paslon satu.

    Pemilihan itu berlangsung mulai dari pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.30 WIB. Dimana pada pukul 13.30 WIB, hasil pemilihan langsung diumumkan.

    "Berdasarkan hasil pemilihan secara online tersebut, jumlah pemilihan secara keseluruhan adalah 732 pemilih. Paslon satu memperoleh suara 282 sedangkan paslon dua memperoleh suara 432. Paslon dua yaitu Munawar Saputra dan Rahmad Ali Sya'ban terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS periode 2018/2019," terang Halimatussa'diyah ketika mengumumkan hasil suara yang diperoleh dua paslon.

    Lebih lanjut Halimatussa'diah mengatakan, Munawar Saputra dan Rahmat Ali Syaban terpilih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS yang akan mewujudkan visi dan misi mereka sesuai dengan akronim yang mereka buat.

    "Paslon dua tersebut dengan akronimnya yakni Murah, Bergaransi, Gratis dan Diskon. Murah adalah akronim dari Munawar Saputra dan  Rahmat Ali Syaban. Bergaransi adalah akronim dari beriman, gagah, ramah dan inspirasi. Sedangkan Gratis Diskon adalah akronim dari gembira, realitas, disiplin dan konsisten," ungkapnya.

    Penulis: Jurnalisme SMANSA
    Editor   : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro