Recent comments

  • Breaking News

    Seniman Terjun ke Politik, Siap Jadikan Wanita Terampil dan Mandiri

    Franciska Mening Seniman Yang Terjun Ke Politik
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Memiliki keinginan besar untuk membangun dan berbagi karena rasa peduli terhadap masyarakat, membuat Franciska Mening memberanikan diri untuk terjun ke dunia politik dengan maju mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk daerah pemilihan (dapil) Kapuas Hulu 4 (empat) dengan nomor urut 4.

    Wanita kelahiran Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu pada Oktober 46 tahun silam yang berlatar belakang suku Dayak dan memiliki ciri khas tatto di sebagian tubuhnya ini, mempunyai mimpi besar untuk membangun masyarakat Kapuas Hulu melalui keterampilan kreatif berbasis kerajinan tangan dalam rangka memanfaatkan kekayaan alam yang berlimpah di wilayah tersebut.

    Dasar dari niat baiknya itu, bukannya tanpa alasan, dimana wanita ini memiliki lumbung kerajinan tangan yang cukup terkenal, yaitu Kerawing Gallery.

    Kerawing Gallery miliknya itu merupakan wadah untuk menjajakan hasil produk kerajinan tangan yang dihasilkan oleh tangan-tangan terampil dan kreatif dari masyarakat lokal hingga para nara pidana binaan dengan tujuan untuk memberdayakan mereka.

    Terkait prestasi, wanita paruh baya ini banyak mendapatkan penghargaan dari pemerintah, baik pemerintah daerah, Provinsi maupun pusat, serta stakeholder lainnya atas keterampilan dan aksi sosial, serta seni dan budaya lokal yang ia geluti dan lestarikan, seperti anugerah dan penghargaan yang ia terima beberapa bulan lalu dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (RI).

    Anugerah yang ia terima dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI tersebut, yakni sebagai seniman dan pengrajin kreatif tingkat nasional.

    Bahkan ia juga pernah mendapatkan piagam penghargaan dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching, sebagai peserta pameran kerajinan produk Indonesia dalam acara Festival Indonesian Products, di Kuching, Sarawak, Malaysia pada Juni 2016 lalu, dan juga mendapat piagam penghargaan dari Gubernur Sumatera Selatan, sebagai peserta Rumah Kreatif Lumbung Kerajinan Kerawing Gallery Khas Kapuas Hulu dalam acara Sumatera Selatan Expo 2018, di Palembang pada Agustus 2018 lalu.

    Selain itu, wanita ini juga aktif di bidang organisasi sosial dan keagamaan, serta aktif pula menjadi seorang pemateri, pelatih atau pengajar dalam rangka meningkatkan ekonomi kreatif berbasis keterampilan menganyam guna memberikan pembekalan terhadap masyarakat terutama kaum perempuan, agar kaum perempuan dapat terampil dan mandiri.

    Dimana baru-baru ini, dirinya diberi tugas oleh Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan wilayah Kalimantan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menjadi pemateri pembekalan pelajaran kepada masyarakat.

    Francisca Mening, Caleg DPRD Dapil Kapuas Hulu 4,
    Nomor Urut 4 dari PDIP.
    "Saya prihatin terhadap keadaan masyarakat di dapil tempat saya mencalonkan diri sebagai caleg. Dimana dapil tersebut jauh dari jangkauan Kota Kabupaten. Itu sebabnya saya jadi caleg di dapil Kapuas Hulu 4," ujar Franciska Mening kepada wartawan media ini, di Putussibau, Jumat (29/3/2019).

    "Keinginan terbesar saya kepada masyarakat adalah agar saya dapat memberdayakan mereka dengan mengangkat taraf hidup, meningkatkan dan mensejahterakan masyarakat di bidang ekonomi, dengan cara membangun kreatifitas berbasis keterampilan khususnya kerajinan tangan, agar masyarakat terutama kaum perempuan dapat mandiri di bidang ekonomi," tambahnya.

    Dalam hal ini, Franciska Mening siap membagikan ilmunya dan mengajak seluruh masyarakat terutama kaum perempuan untuk berkarya melalui keterampilan kreatif berbasis kerajinan tangan, agar kaum perempuan dapat membantu menambah penghasilan suami dalam hal meningkatkan ekonomi rumah tangga, serta mengembangkan seni dan budaya yang ada di daerahnya masing-masing.

    "Saya juga sangat berharap akan do'a dan dukungan masyarakat Kapuas Hulu, khususnya masyarakat yang berdomisili di dapil Kapuas Hulu 4 terutama kaum perempuan, agar dapat memilih saya pada pemilu 17 April 2019 mendatang," harap Franciska Mening.

    Sebagaimana diketahui, dapil Kapuas Hulu 4 meliputi 5 (lima) Kecamatan, yaitu Kecamatan Seberuang, Semitau, Suhaid, Silat Hilir dan Silat Hulu. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan