Recent comments

  • Breaking News

    Gempa Bumi Guncang Sintang, Warga Diimbau Tenang

    Ilustrasi. 
    SINTANG, Uncak.com - Rabu, 27 Maret 2019, pukul 05:40:14 WIB, di wilayah Sintang, Kalimantan Barat dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik.

    Menurut hasil analisis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menunjukkan bahwa gempa bumi itu memiliki kekuatan M=3.1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.08 LU dan 111.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat 48.63 km Timur laut Sintang-KALBAR pada kedalaman 5 km.

    "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal," ujar Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan, Mudjianto, sebagaimana informasi yang beredar di berbagai media sosial, Rabu (27/3/2019).

    Dikatakannya, berdasarkan informasi dari masyarakat, dampak gempa bumi tersebut dirasakan I-II MMI di Sintang-KALBAR. Dimana di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Namun hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi itu tidak berpotensi tsunami.

    "Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang terjadi, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbaunya.

    Dia juga menegaskan kepada masyarakat, untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (inatews.bmkg.go.id atau www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.  [Tim]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan