Recent comments

  • Breaking News

    Sosialisasikan Pemilu lewat Jogging Asyik hingga Tertib Saat Mengambil Kupon

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tinggal menghitung hari, berbagai upaya telah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Salah satu upayanya yaitu dengan menggelar Jogging Asyik Pemilu Run, bertempat di GOR Uncak Kapuas, Putussibau, Minggu (7/9).

    Upaya tersebut dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya agar tidak golput.

    Jogging Asyik Pemilu Run tersebut diikuti oleh sedikitnya 2000 peserta, yang terdiri dari warga masyarakat Putussibau dan sekitarnya dari berbagai kalangan usia, profesi dan jenis kelamin, baik tua, muda maupun anak-anak dan baik laki-laki maupun perempuan.

    Komisioner KPU Kabupaten Kapuas Hulu, Awang Ramlan Iskandar, mengatakan, digelarnya Jogging Asyik Pemilu Run tersebut, bertujuan untuk mensosialisasikan pemilu serentak tahun 2019.

    "Inti dari diselenggarakannya kegiatan itu adalah dalam rangka mensosialisasikan Pemilu serentak tahun 2019. Mengingat pemilu di tahun 2019 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana di hari dan tempat pemungutan suara nanti, akan dipilih lima surat suara sekaligus, yaitu memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPDRI, DPRRI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Oleh sebab itu, pemilih harus paham betul soal itu," kata Awang beberapa hari lalu, di Putussibau.

    Dalam acara jogging tersebut, peserta dihibur oleh Band dan Artis setempat.

    Tak hanya itu, ada pula kupon undian berhadiah, dengan hadiah utama sepeda motor dan banyak lagi hadiah-hadiah menarik yang berhasil dibawa pulang oleh peserta yang beruntung, seperti sepeda gunung, kulkas, mesin cuci, handphone, sprei, rice cooker, kipas angin dan hadiah menarik lainnya.

    Selain itu pula, ada yang menarik dari pembagian atau pengambilan kupon nomor undian berhadiah tersebut. Dimana panitia penyelenggara membuat 4 (empat) pintu masuk untuk pengambilan kupon bagi peserta, sehingga para peserta tampak sangat tertib dengan mengedepankan budaya antri.

    Salah satu peserta jogging, warga Kecamatan Mentebah, yang juga siswa Kelas X IPS 1 MAN 1 Kapuas Hulu, Rangga Damara, mengatakan, pengambilan kupon undian berhadiah tersebut sangat tertib yaitu dengan antri.

    "Ada sebanyak empat pintu yang dibuat oleh pihak panitia untuk pengambilan kupon bagi peserta. Meskipun peserta yang antri cukup banyak, tapi sangat tertib, tidak seperti biasanya," ujar Rangga.

    Sementara itu, relawan demokrasi KPU Kapuas Hulu, yang juga merupakan salah satu anggota panitia dalam acara tersebut, Romi Deniar, mengatakan, khusus kupon undian yang ditempelkan pada botol air mineral, jumlahnya sebanyak dua ribuan lebih.

    "Jumlah kupon undian berhadiah yang ditempelkan pada botol air mineral itu sebanyak dua ribu lebih," terang Romi.

    Jogging Asyik Pemilu Run tersebut diikuti oleh Bupati Kapuas Hulu dan warga masyarakat sangat antusias pula mengikutinya. Bupati juga sekaligus melepas acara jalan sehat santai. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad