Recent comments

  • Breaking News

    Kabel di Tugu Arwana Putus, Seorang Anak Nyaris Tersetrum

    Kondisi lengan tangan si anak (Akbar) yang tergores serta ujung kabel listriknya yang telanjang tanpa pengaman.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Lampu untuk menerangi Tugu Arwana Putussibau yang terletak di Jalan Lintas Selatan, Desa Kedamin Darat, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, tampak beberapa buah lampu banyak yang hilang. Sehingga menyebabkan kabelnya putus dan sangat berbahaya bagi pengunjung.

    Sebab, tugu tersebut selalu didatangi dan disinggahi warga yang melintas untuk berfoto sejenak bersama teman maupun keluarga. Namun, ada bahaya yang mengancam jika tidak berhati-hati terutama bagi anak-anak saat berada di area tugu tersebut.

    Seperti dialami Khairul Amrin pada hari Minggu (23/6/2019) sekitar pukul 17.30 WIB, yang merupakan salah satu pengunjung, di mana anaknya atasnama Akbar tersentuh ujung kabel yang telanjang tanpa pengaman pada lengan kanannya saat berjalan pada sisi area tugu tersebut.

    Amrin menceritakan, saat itu mereka sekeluarga baru pulang dari komplek Perumahan Istana Kabanindo Dinamika yang terletak satu areal dengan tugu selamat datang tersebut.

    Sesampai di depan komplek, anaknya meminta singgah sebentar ke tugu tersebut. Saat sedang berjalan pada bagian samping bawah tugu sebelum naik, tiba-tiba si Akbar kaget sambil mengayun tangannya karena menyentuh ujung kabelnya.

    "Saat saya dekati dan lihat, ternyata ada kabel yang telanjang dan ujungnya mengenai lengan tangan kanannya sehingga mengakibatkan sedikit perih dan luka goresan akibat sengatan arus listriknya. Syukur saja ujung kabelnya tidak terpegang oleh anak saya, hanya tergores ujungnya saja," kata Khairul Amrin.

    Kemudian, Amrin membuktikan apakah kabel tersebut masih aktif arusnya atau tidak. Lalu diambilnya batang kayu pendek dan disentuhkannya ke bagian pagar besi pengaman tugu, ternyata mengeluarkan percikan api dan ujung kabel melekat pada pagar besi tersebut.

    "Ternyata benar bahwa anak saya tergores ujung kabelnya  yang masih aktif tadi. Lalu saya lepas kembali ujung kabel yang melekat pada pagar besi tersebut guna keamanan orang banyak, karena otomatis pagar besi tersebut mengandung arus listrik juga dari ujung kabel tersebut," paparnya.

    Menurut Amrin, akibat dari kabel tersebut putus dikarenakan lampu penerang tugunya hilang dicuri. Selain itu, banyak pula huruf pada tulisannya hilang.

    Amrin mengimbau kepada seluruh warga yang akan singgah di tugu tersebut, agar berhati-hati terutama bagi anak-anak.

    Amrin juga meminta kepada pihak terkait yang bertanggungjawab atas pengelolaan Tugu Arwana Selamat Datang tersebut, agar sesegera mungkin untuk memperbaiki kembali yang rusak terutama yang berkaitan dengan keselamatan pengunjung.  [Noto]

    Foto kondisi tugunya:
    Kondisi tulisan hurufnya banyak yang lepas atau hilang.
    Kondisi lampu yang hilang.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak